Ditunjuk Gubernur Jabar Jadi Plh Wali Kota Bandung, Ini Profil Sekda Ema Sumarna

Ditunjuk Gubernur Jabar Jadi Plh Wali Kota Bandung, Ini Profil Sekda Ema Sumarna

Plh Wali Kota Bandung Ema sumarna-bandung.go.id-bandung.go.id

Ditunjuk Gubernur Jabar Jadi Plh Wali Kota Bandung, Ini Profil Sekda Ema Sumarna - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna sebagai Pelaksanaan Harian (Plh) Wali Kota Bandung. 

Penunjukan Ema Sumarna sebagai Plh Wali Kota Bandung berdasarkan surat nomor 16/KPG.07/PEMOTDA yang ditujukan kepada Sekda Kota Bandung tertanggal 16 April 2023.

Dalam surat tersebut dijelaskan, penunjukan itu sesuai dengan pasal 131 ayat 4 PP no 49 tahun 2008 bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, sekda melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah sampai dengan presiden mengangkat penjabat kepala daerah.

"Sehubungan hal tersebut, dalam rangka menjamin keberlangsungan Pemerintah Daerah di Kota Bandung, agar saudara Sekda Kota Bandung melaksanakan tugas sehari-hari Wali Kota Bandung hingga terdapat ketentuan dan kebijakan lebih lanjut," tulis surat tersebut.

BACA JUGA:

Penunjukan Ema Sumarna sebagai Plh Wali Kota Bandung untuk mengisi kekosongan pucuk pimpinan Pemerintah Kota Bandung usai operasi tangkap tangan (OTT) Wali Kota Bandung Yana Mulyana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Saya sudah konsultasi ke Mendagri, sementara sesuai aturan Plh-nya Pak Sekda (Ema Sumarna) karena itu posisi tertinggi di birokrasi," kata Ridwan Kamil. 

Terkait penunjukkan sebagai Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku siap melaksanakan tugas. 

"Sesuai dengan perintah Gubernur Jawa Barat, saya siap melaksanakan tugas ini sampai ada kebijakan selanjutnya," kata Ema.

BACA JUGA:

Baginya, hal utama yaitu menjamin pelayanan publik di Kota Bandung tetap berjalan dengan normal. Selain itu, roda pemerintahan juga harus berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya.

"Tugas dalam waktu dekat menghadapi lebaran, ketersediaan  pangan , keamanan, arus mudik. Termasuk target-target pembangunan yang telah disepakati bersama," kata Ema.

Berikut Profil Ema Sumarna

Ema Sumarna merupakan pria kelahiran Sumedang, 7 Desember 1966.

Dikutip dari bandung.go.id, Ema merupakan birokrat andal. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: