Skenario Koalisi Besar di Tangan PDIP, Ganjar, Prabowo Atau?

 Skenario Koalisi Besar di Tangan PDIP, Ganjar, Prabowo Atau?

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.-Khanif Lutfi-

BACA JUGA:Sambangi Golkar, PSI 'Ngaku' Dukung Wacana Koalisi Besar di Pemilu 2024

"Kalau itu terjadi pilihannya adalah PDI Perjuangan bergabung dengan KIB, tentu KKIR akan mengusung Prabowo dengan cawapresnya sendiri. Kalau PDI Perjuangan bergabung dengan KKIR, PKB dan Gerindra, tentu KIB sendiri dengan 3 partai itu syarat presidential treshold 20 persen kursi DPR 115 kursi terpenuhi, jadi akan ada tiga poros koalisi," ujarnya.

Karena itu menurut dia, pada putaran kedua PDI Perjuangan ke KIB atau KIR akan bergabung menjadi satu dan kembali lagi ke koalisi besar paripurna.

Ari juga melihat kalau koalisi besar paripurna dalam satu putaran dapat langsung bergabung ke awal atau dipisah dulu menjadi dua dengan capres dan cawapres masing-masing.

Dengan harapan di putaran kedua mereka bergabung apabila gagal pada putaran pertama. Meski begitu, ia tidak menutup kemungkinan dapat menang sekitar 50 persen dengan bersatu di putaran pertama.

BACA JUGA:PAN-Gerindra Bahas Koalisi Besar: Bisa Jadi Prabowo-Zulhas, Prabowo-Erick Thohir atau Prabowo-Airlangga

"Itu jelas nanti di parlemen yang terjadi adalah pemimpinnya koalisi besar paripurna secara bersama-sama. memang seakan-akan dibuat 3 poros koalisi, tapi sebenarnya 2 koalisi itu bagian atau meta antara dari koalisi besar yang paripurna," ujar Ari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: