Pabrik Limbah di Bandung Terbakar, Ratusan Karyawan yang Lagi Kerja Panik

Pabrik Limbah di Bandung Terbakar, Ratusan Karyawan yang Lagi Kerja Panik

Asap kebakaran pabrik limbah plastik di Kota Bandung yang membumbung tinggi--twitter @abcuserde

FIN.CO.ID - Kebakaran hebat melanda pabrik limbah plastik di Jalan Soekarno-Hatta, kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 10 Mei 2024 siang.

Kebekaran terjadi saat ratusan pekerja tengah beraktivitas alias bekerja. Sontak saja hal tersebut membuat ratusan pekerja panik.

Kepala Seksi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PKPB) Kota Bandung, Asep Rahmat mengatakan pihaknya berhasil mengevakuasi seluruh karyawan pabrik limbah plastik yang terbakar di Jalan Soekarno-Hatta.

“Kurang lebih 100 orang karyawan berhasil dievakuasi dan dipastikan dalam keadaan selamat dan bisa menyelamatkan diri saat kebakaran melanda,” katanya.  

Asep menjelaskan pada saat kejadian terjadi kepanikan dari karyawan yang membuat sebagian karyawan melakukan pemadaman awal sebelum petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi pabrik tersebut.

“Karena lihat situasi terbakarnya cukup besar dan tadi juga dari sejumlah karyawan yang berupaya untuk memadamkan tapi tidak terkendali ya langsung melapor ke Diskar PB Kota Bandung,” katanya.

BACA JUGA:

Dia mengatakan petugas gabungan yang menerima laporan tersebut langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dengan langsung mengerahkan 10 armada pemadam kebakaran.

“Berkat informasi cepat dari karyawan, alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa dan tidak terjadi perambatan pada gedung samping kiri maupun kanan,” kata dia.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran yang menghanguskan area limbah plastik dari pabrik tersebut.

“Untuk penyebab masih dalam penyelidikan, karena saat ini kami masih menunggu informasi dari saksi kejadian,” katanya.

Sebelumnya, Kepala UPT Timur Dinas PKPB Kota Bandung Fredi mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada pukul 12.30 WIB. Pihaknya pun kini tengah melakukan upaya pendinginan di area yang terbakar agar api tidak semakin meluas.

“Izin melaporkan telah terjadi kebakaran di wilayah Bandung Timur yaitu mengenai pabrik yang terbakar adalah limbah plastik pada pukul 12.30 WIB. Laporan yang kami terima dari warga langsung ke UPT Bandung Timur,” katanya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: