Skenario Koalisi Besar di Tangan PDIP, Ganjar, Prabowo Atau?

 Skenario Koalisi Besar di Tangan PDIP, Ganjar, Prabowo Atau?

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.-Khanif Lutfi-

Skenario Koalisi Besar di Tangan PDIP - Skenario pembentukan koalisi besar disebut-sebut akan bergantung pada posisi PDI Perjuangan (PDIP).

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mengatakan, PDIP yang selama ini diam dan tidak pernah menyoal koalisi, tetapi ketika wacana koalisi besar dilontarkan, PDIP mulai ikut nimbrung dan berinisiatif bergabung ke koalisi besar. 

"Sehingga, koalisi besar akan seperti apa itu skenario adalah bergantung pada posisi PDIP," ujar Ari dalam diskusi bertajuk "Koalisi Besar untuk Siapa: Ganjar atau Prabowo atau?" Jumat 14 Maret 2023.

Koalisi besar mewacanakan penggabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan PDI Perjuangan. 

BACA JUGA:Prediksi PAN, Koalisi Besar Terbentuk Setelah Lebaran 2023, KIB KKIR dan PDIP Bersatu di Pemilu 2024

KIB terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP. Sedangkan KKIR beranggotakan Partai Gerindra dan PKB. KIB dan KKIR membuka diri apabila PDI Perjuangan bergabung dalam koalisi besar.

Menurut Ari, koalisi besar memiliki dua opsi skenario:

Pertama adalah koalisi besar yang paripurna di mana KIB, KKIR dan PDIP bergabung. Ia melihat secara diametral posisi saat ini akan meneruskan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Sementara itu, koalisi lainnya dikatakan sebagai koalisi kecil beranggotakan NasDem, Demokrat dan PKS akan mengusung calon presiden (capres) sendiri.

BACA JUGA:Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Koalisi Besar, Pengamat: Punya Relasi Khusus dengan Jokowi 

Apabila itu terjadi menurut dia, Pilpres 2024 akan menghasilkan dua poros capres dan cawapres.

"Kami menyebut kecil karena terminologi kalau ada besar pasti ada kecil. Itu bukan untuk mengecilkan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), tapi gerbong politiknya besar karena terdiri enam partai politik (parpol) dengan tiga parpol yang duduk di parlemen," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa skenario pertama dengan dua poros capres dan cawapres itu dapat dilakukan satu putaran. 

Ari menyebut skenario kedua adalah koalisi besar meta antara karena PDI Perjuangan dapat bergabung dengan KIB atau KKIR.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: