Tol MBZ Rawan Macet Saat Arus Mudik, Harap Tenang Jasa Marga Sudah Siapkan Antisipasi

Tol MBZ Rawan Macet Saat Arus Mudik, Harap Tenang Jasa Marga Sudah Siapkan Antisipasi

Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang dikelola PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC). -Istimewa-

"Sebenarnya di jalur itu ada disiapkan untuk keadaan sangat-sangat emergency itu ada titik kantong (parkir), dan itu ada akses jalan untuk turun ke bawah, kalau ternyata ada hal yang sangat emergency yang membutuhkan evakuasi," ungkapnya. 

BACA JUGA:

  1. Persiapan Jalur Mudik Jawa Barat, Ridwan Kamil Pantau Langsung Perbaikan Jalanan di Kota Bekasi
  2. Arus Mudik 2023 dan Arus Balik, Polri Terapkan Sistem One Way dan Contra Flow di Tol, Cek Jadwalnya

Yoga menambahkan, pada lokasi parking bay atau kantong parkir darurat tersebut, pihaknya menyiapkan armada-armada petugas untuk antisipasi keadaan darurat. 

"Itu memang kita siapkan untuk antisipasi, termasuk ada armada kita yang roda dua. Ketika kepadatan itu terjadi, Jasa Marga sudah menyiapkan armada roda dua. Ini untuk membawa BBM, ataupun penanganan-penanganan cepat karena ini akan sulit kalau kita pakai roda empat di MBZ. Kemudian juga kita siapkan goody bag-goody bag (makanan), untuk membantu pengguna MBZ yang mengalami kepadatan," tuturnya. 

Sebagai informasi, berdasarkan kajian Jasa Marga, volume lalu lintas keluar tol Jabotabek H-7 hingga H+7 (16 hari) melalui 4 Gerbang Tol Utama sebesar 2,78 juta kendaraan atau naik 6,77 persen terhadap Lebaran 2022 (2,6 juta) atau naik 8 persen terhadap 2019 (2,57 juta). 

Distribusi volume lalu lintas adalah, sebesar 52 persen ke arah Timur (Trans Jawa), 27,8 persen ke arag Barat (Merak) dan 20,2 persen ke arah Selatan (Ciawi). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: