Tol MBZ Rawan Macet Saat Arus Mudik, Harap Tenang Jasa Marga Sudah Siapkan Antisipasi

Tol MBZ Rawan Macet Saat Arus Mudik, Harap Tenang Jasa Marga Sudah Siapkan Antisipasi

Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang dikelola PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC). -Istimewa-

Tol MBZ Rawan Macet - Tol layang Mohamed Bin Zayed atau Tol MBZ rawan macet saat musim mudik Lebaran 2023. 

Tol yang melayang di atas jalan tol Jakarta - Cikampek itu memang membutuhkan penanganan khusus, pada saat kepadatan lalu lintas seperti musim mudik Lebaran yang membuat Tol MBZ rawan macet. 

Meski demikian, PT Jasa Marga Persero (Tbk) sebagai pengelola tol MBZ tentunya sudah memiliki langkah antisipasi yang akan diberlakukan, mengingat Tol MBZ rawan macet. 

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro mengatakan, Tol MBZ menjadi salah satu fokus yang dipersiapkan dalam pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. 

BACA JUGA:

  1. Mudahkan Pengguna Kendaraan Listrik Saat Arus Mudik, PLN Operasikan 616 SPKLU di 237 Lokasi di Indonesia
  2. Jalan Tol Cibitung–Cilincing (JTCC) Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April, Siap Layani Pemudik Lebaran 2023

Mengingat Tol MBZ rawan macet, maka skema buka tutup dipersiapkan, agar pengguna tol merasa nyaman dan tidak sampai terjebak kemacetan di Jalan Tol Layang sepanjang 38 KM tersebut. 

"Jadi kepadatan di (Tol) MBZ ini buat concern yang tinggi bagi kami, kenapa, karena tidak ada rest area. Sehingga kita benar-benar minimalisir kalau ada kepadatan itu harus segera kita alihkan," ungkap Yoga menjawab pertanyaan fin.co.id, dalam konferensi pers kesiapan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023 di Kantor Pusat PT JLJ, Jatiasih Kota Bekasi, Senin 3 April 2023. 

Karena Tol MBZ rawan macet, kata Yoga, sejumlah langkah antisipasi pun disiapkan pihaknya. 

"Ruas tol MBZ ini akan selesai dan gabung lagi dengan tol Jakarta-Cikampek di KM 48. Apabila terjadi kepadatan di KM 48 sepanjang 2-3 KM, itu otomatis 3 akses masuk (Tol MBZ) di Cikunir itu akan kita tutup dan kita alihkan ke bawah," jelas Yoga. 

BACA JUGA:

  1. Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik Agar Aman dan Tenang
  2. Pemerintah Ubah dan Tambah Cuti Bersama 19-25 April 2023 Demi Kelancaran Mudik Lebaran 1444H

Diakui Yoga kepadatan lalu lintas di atas Tol Layang MBZ itu sangat riskan, karena tidak terdapat rest area. 

"Karena sulit untuk mengakses keluar, harus ikut sepanjang 38 kilometer," tuturnya. 

Meski demikian, disampaikan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana pada kesempatan yang sama, bahwa ada sejumlah kantong-kantong parkir sangat darurat di atas Tol Layang MBZ yang bisa digunakan untuk keadaan darurat, termasuk juga JMTO menyiagakan personel atau petugas untuk membantu pengguna tol ketika terjadi masalah. 


Konferensi pers persiapan penanganan arus mudik Lebaran 2023, PT Jasa Marga (Persero) Tbk-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: