Contra Flow Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Menuju Jakarta

Contra Flow Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Menuju Jakarta

Jalan Tol Jakarta-Cikampek -FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Rekayasa lalu lintas (lalin) contra flow diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju Jakarta. Rekayasa itu merupakan disreksi dari kepolisian untuk mengurai peningkatan volume kendaraan di jalan tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Vice President (VP) Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo di Jakarta, Sabtu 13 April 2024.

BACA JUGA:

"Untuk mengurai peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, atas diskresi dari pihak Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) lakukan rekayasa lalu lintas kendaraan arah Jakarta," tutur Ria.

Contra flow itu diberlakukan di 2 lajur mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 14.40 WIB. Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta pada Ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek mulai meningkat.

Dia mengimbau, masyarakat agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, dan saldo uang elektronik cukup. Kemudian, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pengguna jalan tol wajib mematuhi aturan berkendara aman saat melaju di lajur contraflow atau lawan arah.

Kesiapan layanan dan fasilitas untuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas contra flow tentunya dapat berjalan baik dan lancar dengan kerja sama pengguna jalan untuk mengikuti beberapa aturan yang ditetapkan.

Apabila pengguna jalan dalam kondisi lelah dan mengantuk, agar pengguna jalan tidak masuk ke lajur contra flow dan beristirahat di rest area yang telah disiapkan. Kemudian, tidak membawa penumpang dan barang melebihi batas muatan, batas kecepatan di lajur contra flow yaitu maksimal 60 km/jam dan menyalakan lampu termasuk pada siang hari.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: