News

Arus Mudik 2023 dan Arus Balik, Polri Terapkan Sistem One Way dan Contra Flow di Tol, Cek Jadwalnya

fin.co.id - 28/03/2023, 13:23 WIB

Antisipasi kemacetan di jalur mudik Lebaran

Arus Mudik 2023 dan Arus Balik, Polri Terapkan Sistem One Way dan Contra Flow di Tol, Cek Jadwalnya - Rekayasa lalu lintas one way dan contra flow akan diterapkan Korlantas Polri saat arus mudik 2023 dan arus balik Lebaran.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan mengatakan langkah tersebut diambil sebagai upaya penambahan kapasitas jalan saat arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 di sejumlah ruas jalan tol.

"Tahun ini kami akan melakukan penambahan kapasitas jalan berupa contra flow, one way, alih arus dan buka tutup," katanya saat diskusi publik "Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang Mudik Lebaran 2023" di Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

Dijelaskannya, rekayasan contra flow dilakukan secara situasional.

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran 2023, Total 3.132 Petugas Siaga di Jalan Tol Trans Sumatera

Sistem ini akan diterapkan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di sekitar rest area dan terjadinya gangguan pada penggal jalur tertentu.

"Contra flow untuk dilaksanakan dari mulai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 72 Tol Cipali," ucapnya.

Sedangkan penerapan sistem one way dilaksanakan dari KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, kemudian di KM 422 sampai dengan KM 442 Tol Semarang-Bawen.

Sementara untuk alih arus dan buka tutup dilakukan pada ruas tol fungsional Cisumdawu.

BACA JUGA: Ketentuan Prokes Arus Mudik Lebaran 2023 akan Dievaluasi

Ini dilakukan jika arus padat di GT Cimalaka maka kendaraan akan ditutup atau dialihkan melalui exit Sumedang. 

"Bila exit Sumedang masih padat maka akan ditutup dan dialihkan melalui exit Pemulihan," katanya.

Terkait dengan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, seluruh Dirlantas Polda yang wilayahnya dilalui pemudik sudah membuat beberapa rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran arus bagi masyarakat.

Dikatakannya, pelaksanaan one way dan contra flow sudah dibuat jadwalnya bersama dengan Kementerian Perhubungan, PT Jasamarga dan pemangku kepentingan terkait (stakeholders).

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Kapolri Minta Siapkan Strategi Pengamanan

Admin
Penulis
-->