Kolaborasi SMF Ubah Wajah Kumuh Pesisir Kota Cirebon Jadi Kawasan Bersih, Sehat dan Layak Huni

Kolaborasi SMF Ubah Wajah Kumuh Pesisir Kota Cirebon Jadi Kawasan Bersih, Sehat dan Layak Huni

Peresmian program KOTAKU di kawasan pesisir Kota Cirebon. Sebanyak 27 rumah tidak layak huni direnovasi menjadi rumah sehat, bersih dan layak huni-SMF-SMF

Kolaborasi SMF Ubah Wajah Kumuh Pesisir Kota Cirebon Jadi Kawasan Bersih, Sehat dan Layak Huni  – Impian warga Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, akhirnya terwujud. 

Kawasan yang dahulu tidak layak huni, kini menjadi kawasan bersih, sehat dan layak huni.

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF,  berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), berhasil mewujudkan komitmennya dalam merealisasikan tujuan penanganan kawasan permukiman kumuh dan kemiskinan ekstrem di Kota Cirebon melalui Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh.

BACA JUGA:SMF Siap Jadi Akselerator Pengembangan Ekosistem Pembiayaan Perumahan

BACA JUGA:Dukung Program Pembiayaan Rumah Subsidi, SMF Terbitkan Obligasi Rp2 Triliun

Hal tersebut direalisasikan melalui pembenahan kawasan permukiman kumuh Kelurahan Panjunan. Sebanyak 27 Rumah tidak layak huni dibenahi di kawasan padat penduduk tersebut. 

Upaya pembenahan dilakukan dengan melakukan renovasi dan pembangunan rumah layak huni.  

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas terealisasinya Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh SMF di Kelurahan Panjunan. 

“Ini adalah wujud niat baik dan komitmen kita bersama dalam melaksanakan dukungan penanganan permukiman kumuh. Kita semua patut bersyukur bahwa kegiatan pembangunan baru rumah layak huni sebanyak 5 unit dan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sebanyak 22 unit dan saya yakin ini tentu memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Eti Herawati dalam keterangannya, dikutip Selasa 21 Maret 2023.

BACA JUGA:Lowongan Kerja BUMN PT SMF: Ada 4 Formasi Pekerjaan Dibuka, Cek Persyaratan Lengkapnya Disini!

BACA JUGA:Gandeng Perusahaan Multifinance, SMF Kucurkan Kredit Sewa Beli Rumah Untuk MBR dan Non Fixed Income

Sementara itu, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan bahwa proses pembenahan kawasan permukiman kumuh Panjunan telah berjalan sejak tahun 2022 dan merupakan bagian dari dukungan SMF melalui Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh. 

Program tersebut merupakan inisiatif strategis SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan.

Lebih lanjut Ananta menuturkan bahwa program tersebut merupakan komitmen SMF dalam pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs khususnya melalui penghapusan kemiskinan agar dapat mewujudkan pembangunan kota dan permukiman  berkelanjutan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: