Lowongan Kerja BUMN PT SMF: Ada 4 Formasi Pekerjaan Dibuka, Cek Persyaratan Lengkapnya Disini!

Lowongan Kerja BUMN PT SMF: Ada 4 Formasi Pekerjaan Dibuka, Cek Persyaratan Lengkapnya Disini!

Ilustrasi Gedung SMF - 5 Jurus SMF tingkatkan pembiayaan perumahan tahun 2022. Dok: SMF--

Lowongan Kerja BUMN PT SMF: Ada 4 Formasi Pekerjaan Dibuka, Cek Persyaratan Lengkapnya Disini! - Kabar gembira bagi Anda para pencari kerja. PT Sarana Multigriya Finansial / SMF (Persero) membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi 4 formasi pekerjaan. 

Perlu diketahui, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau disingkat PT SMF adalah lembaga khusus yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Warga Tangerang dan Palembang, Lion Air Buka Loker Pramugari dan Pramugara Nih, Buruan Daftar Gratis!

PT SMF adalah perusahaan BUMN, yang berada dalam kendali Kementerian Keuangan. 

PT SMF berdiri sejak 22 Juli 2005, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 5/2007, tanggal 7 Februari 2005, tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia dan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 19/2005, tanggal 7 Februari 2005, tentang Pembiayaan Sekunder Perumahan.

Apa tujuan didirikannya PT SMF?

PT SMF didirikan dengan tugas untuk memfasilitasi aliran dana jangka menengah atau panjang dari pasar modal ke sektor perumahan melalui lembaga penyalur KPR, yang pada akhirnya memungkinkan terciptanya kepemilikan rumah yang layak yang terjangkau oleh masyarakat.

Apa saja kegiatan dari PT SMF?

Kegiatan yang dilakukan oleh PT SMF dapat dikelompokan menjadi 2 kategori, yaitu kegiatan utama dan kegiatan pendukung.

BACA JUGA:Lowongan PPNPN IKN Nusantara 2023 Dibuka, Ini Persyaratan dan Dokumen yang Harus Dilengkapi

Kegiatan utama terdiri dari:

1. Refinancing, yaitu kegiatan pembiayaan yang dilakukan Perseroan kepada lembaga penyalur KPR, sehingga mereka bisa memiliki dana untuk penyaluran KPR baru. 

Sumber dana untuk mendukung program refinancing berasal dari penerbitan obligasi. Atas KPR yang telah disalurkan, lembaga penyalur KPR mengajukan permintaan pembiayaan kepada Perseroan untuk dapat memiliki dana guna penerbitan KPR baru. 

Atas dasar dana yang telah dipinjamkan kepada lembaga penyalur KPR, Perseroan menerbitkan obligasi yang dijual ke pasar modal. 

Aktivitas ini dilakukan secara berkelanjutan, sehingga terjadi perputaran yang makin cepat dan penyaluran KPR baru semakin lancar. Di masa mendatang, Perseroan akan bertindak sebagai guarantor atas emisi obligasi yang diterbitkan oleh lembaga penyalur KPR.

BACA JUGA:PT Pupuk Kaltim Buka Lowongan Pekerjaan Untuk SMK dan Fresh Graduate

2. Sekuritisasi, Dalam hal lembaga penyalur KPR sudah memiliki volume KPR yang tinggi dan berminat untuk dijual, maka SMF siap memfasilitasi transaksi sekuritisasi yaitu dengan cara membeli tagihan KPR dan dilakukan transformasi sehingga menjadi efek baru atau efek beragun aset (EBA) atau residential mortgage-backed securities (RMBS) yang dapat dijual di pasar modal. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: