Suasana Kantor Bikin Gak Betah dan Ingin Cari Tantangan Baru? Ini Contoh Surat Resign Kerja yang Baik

Suasana Kantor Bikin Gak Betah dan Ingin Cari Tantangan Baru? Ini Contoh Surat Resign Kerja yang Baik

Ilustrasi - Cara membuat surat resign kerja (Ist)--

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat janji temu terlebih dahulu via email atau telepon. Ketika waktunya tepat, Anda bisa mengungkapkan alasan pengunduran diri tersebut kepada atasan.

3. Prosedur One Month Notice

One month notice (satu bulan pemberitahuan) ini diperlukan perusahaan lama untuk mencari dan mendapatkan karyawan baru agar posisi yang Anda tinggalkan tidak kosong. Hal ini penting untuk menjaga stabilitas perusahaan. 

Permohonan pengunduran diri sudah diatur oleh pemerintah melalui Undang-Undang. Peraturan ini tertuang dalam UU Pasal 26 ayat 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja terkait syarat pengunduran diri dari tempat kerja yang berbunyi:

BACA JUGA:Gak Pakai Ribet! Cara Bikin Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Secara Online, Cek Disini Petunjuknya

Pekerja atau buruh mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis dengan disertai alasannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri:

> Pekerja atau buruh tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri;

> Pekerja atau buruh tidak terikat dalam ikatan dinas. 

Mengacu pada ketentuan itu, sebaiknya Anda mengikuti aturan one month notice sebelum resign dari perusahaan lama.

4. Cek Kontrak Anda

Sebelum resign, cek kontrak yang sudah Anda tanda tangani terlebih dahulu di awal masa kerja. Hal ini berguna untuk melihat apakah ada denda yang harus dibayar jika mengundurkan diri sebelum kontrak habis.

BACA JUGA:Selama Januari 2023 Jumlah Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 3.000 Orang

Konsekuensi yang akan Anda dapatkan ketika resign sebelum kontrak habis biasanya berupa pengganti gaji dalam periode tertentu atau senilai gaji di sisa masa kontrak.

5. Periksa Kebijakan Resign

Setiap perusahaan punya kebijakan pengunduran diri yang berbeda-beda, termasuk waktu pengunduran diri. Ada juga yang memiliki aturan dua bulan pemberitahuan sebelum resign. Sebisa mungkin, berikan informasi jauh-jauh hari sebelum resign dari tempat Anda bekerja.

6. Delegasikan Pekerjaan

Jika sudah tahu siapa yang akan menggantikan posisi Anda nanti, sediakanlah waktu untuk membantu orang tersebut mempelajari job desk yang akan dikerjakan. Ini jelas bakal mempermudah proses transisi.

BACA JUGA:Sudah Menyiapkan Syarat Pendaftaran CPNS 2023 Belum? Yuk Cek Persyaratan Lengkap CPNS Di Sini

Bila Anda tidak bisa langsung memberikan panduan, cobalah untuk buat panduan alur kerja hingga kontak yang dapat dihubungi ketika mereka punya pertanyaan. Memang bukan sebuah keharusan, tapi hal ini akan meninggalkan kesan yang baik dan profesional kepada partner kerja Anda.

Jenis-jenis Surat Resign

1. One Month Notice

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: