Suasana Kantor Bikin Gak Betah dan Ingin Cari Tantangan Baru? Ini Contoh Surat Resign Kerja yang Baik

Suasana Kantor Bikin Gak Betah dan Ingin Cari Tantangan Baru? Ini Contoh Surat Resign Kerja yang Baik

Ilustrasi - Cara membuat surat resign kerja (Ist)--

Ada banyak faktor yang mendorong seseorang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya saat ini. Bisa karena mendapatkan tawaran lebih baik di perusahaan lain, merasa mendapatkan lingkungan kerja yang toksik, tidak sesuai passion, tidak berkembang, atau karena lokasi kantor yang terlalu jauh hingga gaji Anda yang selalu dipotong ketika tidak memenuhi target. 

Apapun alasannya, Anda perlu membuat surat resign.

Apa Itu Surat Resign?

Saat memilih untuk resign, Anda perlu menulis sebuah surat resign. Surat tersebut punya fungsi administratif untuk memberitahukan atasan dan HRD bahwa Anda memutuskan untuk berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.

BACA JUGA:Contoh Soal Wawancara PKD dan Soal Tes Panwaslu Pemilu 2024 Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Saat surat resign diberikan ke atasan atau HRD, maka surat menjadi pemberitahuan bahwa perusahaan harus segera mencari pengganti. 

Hal itu harus dilakukan sebab perusahaan butuh waktu untuk mencari karyawan pengganti. Surat resign tidak bisa diajukan mendadak. Ini juga penting agar hubungan Anda dengan perusahaan dan atasan tetap terjalin baik, meski Anda tidak bersama lagi dalam satu naungan.

Surat resign atau pengunduran diri perlu dibuat dengan baik dan sopan. Ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja yang  profesional. 

Selain akan membuat citra positif di tempat kerja lama, ini juga menjadi sikap yang perlu Anda miliki sebelum bergabung dengan perusahaan baru.

BACA JUGA:PKH Kemenkes Buka Lowongan Tenaga Pendukung Kesehatan Haji 2023, Catat Jadwal dan Syaratnya

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Resign

Bekerja di suatu perusahaan dalam jangka waktu yang cukup lama membuat Anda merasa sudah sangat akrab seperti keluarga. Jika sudah begini, membuat surat resign adalah hal yang tidak mudah. 

Namun demikian, tidak ada salahnya dalam membuat surat resign dan ini bisa menjadi hal penting agar perusahaan tersebut punya waktu untuk mencari pengganti Anda. Siapkan hal ini sebelum Anda membuat surat resign:

1. Menulis Surat Resign

Jangan lupa untuk meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan. Caranya, Anda bisa menulis surat resign yang baik dan sopan. Jadi, gunakan pilihan kata yang tepat dalam menuliskan surat pengunduran diri sebelum menyampaikannya ke atasan dan HRD.

2. Cari Waktu yang Tepat untuk Bertemu Pimpinan

Bicarakan dengan baik niat mengundurkan diri ini kepada atasan Anda. Memang tidak mudah, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan mencari waktu yang tepat untuk bertemu atasan. 

BACA JUGA:Info Terbaru CPNS 2023, Empat Kementerian Ini Terima Lulusan SMA!

Cobalah untuk mencari waktu ketika atasan Anda tidak sibuk, saat beliau punya emosi atau mood yang bagus, atau tidak memiliki janji meeting dengan seseorang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: