Cara menyembuhkan Kaki X, Ini Kata Dokter

Cara menyembuhkan Kaki X, Ini Kata Dokter

Cara Menyembuhkan Kaki X, Image oleh Pexels dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Cara menyembuhkan kaki X adalah pertanyaan yang banyak ditanya orang.

Lalu, apakah kaki X bisa disembuhkan? Dan bagaimana cara menyembuhkan kaki X?

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, kaki X bisa saja membaik dengan sendirinya, meski pada kasus tertentu membutuhkan penanganan medis.

BACA JUGA:Apa Benar Kaki Bengkak Anda Itu karena Kolesterol Tinggi? Ini Kata Dokter

“Kaki X adalah bagian dari proses pertumbuhan yang wajar dan bisa membaik sendiri tanpa perlu penanganan apapun,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FN dari Alodokter.

“Hanya saja, jika kaki X diamati terjadi pada anak usia 4 tahun atau lebih, seringnya memang butuh penanganan lebih lanjut,” sambungnya.

Kaki X ini menurut dr. Nadia, disebabkan oleh kondisi seperti kegemukan, kelainan genetik, rakitis, cidera tulang tungkai bawah dan lainnya.

Dr. Nadia juga menambahkan bahwa cara menyembuhkan kaki X tergantung keparahan dan penyebabnya.

“Tergantung hasil penilaian dokter, penanganan yang diberikan nantinya bisa dengan observasi berkala, pemberian obat atau suplemen, penggunaan alat bantu, fisioterapi, bahkan operasi”.

“Tidak jarang, beberapa penanganan di atas akan dikombinasikan untuk mendapat hasil yang optimal. Bila perlu, anak Anda nantinya bisa juga dirujuk ke dokter anak, dokter bedah ortopedi, atau dokter rehabilitasi medik,” tutup dr. Nadia.

Jadi bagaimana cara menyembuhkan kaki X, Anda terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter.

Dengan begitu, dokter dapat menentukan metode yang paling tepat.

Kaki Kesemutan karena Penyakit Buerger

Kesemutan pada kaki atau tangan seringkali di kaitkan dengan masalah kesehatan seperti diabetes.

Namun taukah Anda, kesemutan yang disertai dengan perubahan warna tangan atau kaki menjadi pucat itu disebabkan oleh penyakit buerger.

Menurut ahli, penyakit buerger bukanlah kondisi yang bisa dipandang sebelah mata, karena akibatnya terhadap kesehatan terbilang sangatlah serius.

Menurut Halodoc, penyakit buerger ini masuk dalam kategori penyakit langka. Penyakit ini terjadi tepatnya pada pembuluh darah arteri dan vena tangan atau kaki.

Kebiasaan merokok, punya penyakit gusi kronis, berusia lebih dari 45 tahun adalah mereka yang berpotensi tinggi terkena penyakit buerger ini.

Selain menyebabkan kesemutan dan perubahan warna kulit tangan atau kaki yang terdampak, penyakit buerger juga bisa menyebabkan gejala lainnya.

Tidak hanya muncul nyeri di bagian kaki dan tangan, lalu hilang dan kembali muncul, penyakit buerger bisa menyebabkan munculnya luka terbuka di tangan dan kaki.

Sumber: