Penyebab Mata Terasa Mengganjal, Ini Jelas Dokter Nadia

Penyebab Mata Terasa Mengganjal, Ini Jelas Dokter Nadia

Penyebab Mata Terasa Mengganjal, Ilustrasi oleh agnesliinnea dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penyebab mata terasa mengganjal bisa jadi pertanda ada benda asing yang masuk ke mata. Demikian kata dr. Nadia Nurotul Fuadah.

Akan tetapi kata dia, penyebab mata terasa mengganjal tidak selalu disebabkan ada benda asing di mata.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, penyebab mata terasa mengganjal adalah mata lelah.

BACA JUGA:Penyebab Mata Buram Sebelah

Mata lelah ini kata dia, “termasuk karena terlalu lama menatap gawai, karena gangguan refraksi mata (misalnya mata minus, silinder) yang tidak terkoreksi dengan baik”.

Selain karena mata lelah, penyebab mata terasa mengganjal adalah pterygium konjungtiva.

Pterygium konjungtiva kata dia, adalah ketika “Mata yang berproliferasi berlebihan membentuk selaput usai terpapar udara kering dan sinar UV terus-menerus”.  

Selain karena mata lelah dan pterygium konjungtiva, penyebab mata terasa mengganjal adalah bintitan. Bintitan ini adalah inflamasi yang terjadi pada kelenjar minyak di kelopak mata.

“Faktor lain, seperti trichiasis, entropion, ektropion, kalazion, konjungtivitis, uveitis, keratitis, migrain, gangguan kecemasan, dan sebagainya,” tambahnya seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Cara mengatasi mata terasa mengganjal menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, adalah dengan cara menghindari penyebabnya.

“Diatasi dulu dengan membatasi waktu menatap gawai, atur dengan baik jarak pandang dan pencahayaan ruangan Anda saat harus menatap gawai, gunakan kacamata secara teratur sesuai resep dokter jika Anda memiliki gangguan refraksi mata”.

“(Selain itu) tidur lebih awal dan teratur, kompres dingin mata Anda jika terasa mengganjal, jaga area mata dan sekitarnya agar selalu bersih".

"Batasi dulu aktifitas berlebihan di luar ruangan apalagi di bawah terik matahari, jangan mengucek mata Anda berlebihan, serta jangan juga sembarangan menggunakan obat mata,” jelasnya panjang lebar.

Ia juga menyarankan Anda untuk memeriksakan ke dokter jika kondisi mata tidak kunjung membaik, usai menjalankan beberap tips di atas.

“Apabila dengan langkah di atas keluhan Anda masih belum membaik, segeralah periksakan diri Anda ke dokter atau dokter mata terdekat ya,” tutup dr. Nadia Nurotul Fuadah.

Demikian penyebab mata terasa mengganjal dan cara mengatasinya.

Stroke Mata

Stroke mata adalah salah satu jenis stroke yang bisa terjadi pada manusia, hanya saja stroke mata jarang diketahui orang.

Stroke mata adalah sebuah kondisi di mana terjadi sumbatan pembuluh darah menuju retina.

Dan dari beberapa jenis stroke mata yang ada, oklusi retina sentral adalah yang paling umum dialami orang.

Stroke mata sendiri disebabkan oleh terjadinya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang menuju ke mata.

Akibatnya, pasokan darah ke retina menjadi berkurang, menyebabkan gangguan pengelihatan. Pada kasus yang berat, stroke mata dapat menyebabkan kebutaan.

Stroke mata jenis ini menurut ahli, via Alodokter, terjadi tanpa disadari oleh penderitanya, lantaran tidak menunjukan gejala apapun sebelumnya.

Ya, ketika orang mengalami stroke mata jenis ini, pengelihatan dapat langsung hilang secara tiba-tiba.

Orang yang mengalami oklusi retina sentral, umumnya mengeluhkan penurunan kemampuan melihat secara tiba-tiba pada salah satu mata.

Pengelihatan yang buram akibat stoke mata ini dapat terjadi pada salah satu mata dan dadakan.

Masalah pengelihatan akibat stroke mata ini disebut dapat bertahan beberapa minggu setelah kejadian.

Sebab itu, Stroke mata akibat oklusi retina sentral, harus segera mendapatkan perawatan medis, guna mencegah terjadinya kerusakan saraf permanen, yang juga berpotensi menyebabkan kebutaan.

 

 

Sumber: