Cara Memutihkan Gigi Kuning, Ini Saran dr. Nadia

Cara Memutihkan Gigi Kuning, Ini Saran dr. Nadia

Cara Memutihkan Gigi Kuning, oleh Shahid Shafiq dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Cara memutihkan gigi kuning adalah pertanyaan yang sedang Anda cari jawabannya.
 
Well, sebelum membahas cara memutihkan gigi kuning, terlebih dahulu kita kenali penyebabnya.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, gigi kuning bisa disebabkan oleh beragam faktor.

BACA JUGA:Awas! Gigi Anak Berwarna Abu-abu Tanda Ada yang Salah, Segera ke Dokter

Selain karena merokok, gigi kuning disebabkan gaya hidup tertentu.

“Kandungan dalam rokok, utamanya nikotin dan tar, bisa menyusup ke dalam enamel gigi sehingga membuatnya berwarna kekuningan atau kecokelatan,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip dari Alodokter.

“Gigi Anda yang tampak menguning bisa pula disebabkan oleh pola diet tertentu (kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, kopi, teh, blueberry, red wine)”.

Selain itu, dr. Nadi menjelaskan bahwa gigi kuning Anda adalah, “efek samping obat atau obat kumur tertentu, penuaan, genetik, cidera atau infeksi di sekitar rongga mulut, dan sebagainya”.

Cara memutihkan gigi kuning menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, adalah dengan rutin memeriksa kesehatan gigi ke dokter gigi.

“Dokter bisa menganjurkan Anda menjalani prosedur bleaching dan scalling, untuk membersihkan noda sisa rokok serta membuat gigi tampak lebih putih,” jelasnya.

Ia juga menyarankan orang untuk berhenti merokok, agar cara memutihkan gigi kuning ini bekerja seperti diharapkan, selain juga rajin menyikat gigi tentunya.

“Rajin menyikat gigi, lakukan flossing, dan bersihkan lidah setiap habis makan dan sebelum tidur,” tambahnya.

Anda juga diminta untuk meninggalkan konsumsi alkohol dan rutin berkumur menjelang tidur.

Demikian cara memutihkan gigi kuning, yang bisa Anda coba untuk mengembalikan warna alami gigi yang hilang.

Apa Benar Menggosok Gigi dengan Kulit Jeruk Bisa Memutihkan Gigi Kuning?

Menanggapi kabar tersebut, pihak Kominfo menekankan bahwa informasi soal khasiat kulit jeruk untuk memutihkan gigi itu belumlah terbukti.

Menurut Kominfo, tidak ada penelitian ilmiah yang pernah membuktikan soal manfaat kulit jeruk dalam menghilangkan noda pada gigi dan memutihkannya.

Malahan yang ada, menggosokkan kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit, justru  dapat menyebabkan erosi pada email gigi.

Ketika hal itu terjadi, maka gigi akan rentan mengalami kerusakan gigi. Perlu dicatat, kulit jeruk memiliki tingkat asam dengan pH 3-4. Artinya, kulit jeruk itu masuk dalam kategori asam, yang mana buruk untuk perlindungan gigi.

Anda salah satu yang keburu percaya dengan kabar ini? Well, masih ada waktu bagi Anda untuk meninggalkannya, dan cegah potensi kerusakan terjadi di kemudian hari.

Sumber: