Ini 9 Cara Pasang Set Top Box ke Tv Analog untuk Bisa Tonton Siaran Tv Digital

Ini 9 Cara Pasang Set Top Box ke Tv Analog untuk Bisa Tonton Siaran Tv Digital

ilustrasi set top box--dok kominfo

BACA JUGA:Mulai 2 November Siaran TV Analog di Tangerang Dimatikan, Jangan Khawatir Pemkab Siap Bagikan 134 Ribu STB

Berikut cara mendapatkan Set Top Box Gratis daro Kemkominfo:

1. Membuka website cekbantuanstb.kominfo.go.id/

2. Memasukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia

3. Klik “Pencarian”

4. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli

5. Jika mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko

Selain dengan cara di atas, warga miskin juga bisa meminta STB gratis secara mandiri dengan menghubungi call center 159.

"RTM yang masih membutuhkan bantuan STB dapat mengajukan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau ke nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat," tulis Kominfo dalam keterangan resminya.

BACA JUGA:Kabar Gembira untuk Pelanggan! Disney+ Hotstar Kini dapat Diakses di STB IndiHome TV

BACA JUGA:Mulai 2 November Siaran TV Analog di Tangerang Dimatikan, Jangan Khawatir Pemkab Siap Bagikan 134 Ribu STB

Keuntungan TV Digital

Pemerintah secara resmi menghentikan siaran televisi terestrial analog (TV analog) dan beralih ke tv digital untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi Jabodetabek per Rabu 2 November 2022 malam.

Menko Polhukam Mahfud MD menilai, analog switch-off (ASO) alias penghentian siaran tv analog menjadi TV Digital adalah salah satu program pemerintah untuk mewujudkan transformasi digital.

"Dengan migrasi siaran dari analog ke TV digital, Indonesia memperoleh dividen digital yang nanti akan dimanfaatkan untuk akses internet kecepatan tinggi," kata Mahfud MD saat acara hitung mundur ASO Jabodetabek di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis 3 November 2022 dini hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: