Begini Cara Setting TV Digital yang Benar, Gampang Banget!

Begini Cara Setting TV Digital yang Benar, Gampang Banget!

Illustrasi cara ganti tv analog jadi tv digital--freepik.com

Cara Setting TV Digital - Memahami cara setting TV Digital yang benar akan membantu kamu untuk mendapatkan siaran televisi di rumah.

Sesuai Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang dimuat kominfo.go.id, lembaga penyiaran di Indonesia wajib migrasi ke TV digital sejak penghentian siaran TV analog pada November 2022. 

Kelebihan dari TV digital yakni menawarkan kualitas yang jauh lebih baik daripada saluran televisi UHF. Biasanya, siaran televisi digital menampilkan gambar yang jernih dan suara yang cukup tajam. 

Untuk itu, mengetahui cara setting TV digital menjadi sebuah kewajiban agar aktivitas menonton televisimu makin menyenangkan. 

Cukup ikuti cara setting TV digital di bawah ini supaya kamu tidak perlu memanggil teknisi ke rumah. Sebelum itu, pastikan kamu sudah punya perangkat yang bisa menangkap sinyal televisi digital alias set top box jika TV kamu belum support terhadap saluran televisi ini. 

BACA JUGA:

Cara Gampang Setting TV Digital di Semua TV Merek

Cukup dengan 4 langkah, cara setting TV digital berikut ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

1. Memastikan TV dapat Mendukung Saluran Digital

Keluaran seri TV baru umumnya sudah mendukung saluran digital. Jika kamu memakai TV seri lawas, maka kamu perlu perangkat tambahan seperti sambungan DVBT2 atau set top box.

Kedua alat itu berguna untuk mengolah sinyal analog menjadi digital. Set top box sendiri bisa ditemukan di aplikasi jual beli online dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan saja.

Harga tersebut biasanya sudah termasuk buku panduan mengenai cara pasang set top box.

2. Pilih Menu Pengaturan di Televisi

Langkah setting TV digital selanjutnya adalah membuka menu pengaturan di layar kaca. Ambil remot TV milikmu lalu pilih menu pengaturan dengan mengklik tombol Settings.

Bagi pengguna set top box, maka gunakan remot bawaan STB untuk mengikuti cara yang sama. 

BACA JUGA:

Jika sudah, klik tulisan Program atau Programs. Menu ini diperuntukkan untuk mencari siaran televisi digital baik secara otomatis maupun manual. Mudah bukan?

3. Cari Sinyal TV Digital 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: