Cara Mencari Siaran TV Digital yang Hilang, Gampak Kok!

Cara Mencari Siaran TV Digital yang Hilang, Gampak Kok!

Illustrasi cara mengganti tv analog jadi tv digital--polytron.co.id

Cara Mencari Siara TV Digital - Ada beberapa cara untuk mencari siaran TV digital yang hilang. Lakukan percobaan ini di rumah tanpa perlu memanggil teknisi. 

Untuk diketahui, masyarakat Indonesia kini menikmati aktivias menonton lewat siaran TV digital setelah pemerintah menonaktifkan TV analog pada 2022 lalu. Hal tersebut sesuai Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang dimuat kominfo.go.id, 

Adapun dua cara untuk menonton siaran TV digital, yaitu adalah pertama, dengan menggunakan seri TV digital baru. Atau yang kedua, memasang perangkat tambahan Set Top Box (STB) untuk perangkat TV analog.  

Mencari siaran TV digital yang hilang di perangkat TV digital biasanya lebih mudah daripada yang menggunakan set top box. Karena kamu bisa mencari langsung lewat menu pengaturan channel di layar kaca.

Sedangkan untuk pengguna set top box, kamu perlu mencari menu pengaturan STB yang terdapat di TV analog. Biasanya langkah ini membingungkan lantaran banyak dijumpai kasus channel siaran TV digital hilang setelah melakukan pencarian.

BACA JUGA

Jika siaran TV digital hilang, maka penonton tak bisa melakukan aktivitas menonton mereka karena layar kaca hanya menampilkan gambar bersemut. 

Lalu, bagaimana cara kamu memperbaiki siaran TV digital yang hilang? berikut adalah 4 cara mengembalikan siaran TV digital yang hilang. Tentunya mudah dan anti ribet!

Cara mencari siaran TV digital otomatis tanpa set top box

  1. Pastikan TV Anda termasuk seri TV digital bukan TV analog. 
  2. Nyalakan TV, ambil remote, dan tombol Menu
  3. Kemudian pilih Setting dan klik Enter pada remote.
  4. Pilih Saluran Digital atau DTV dan klik Enter. 
  5. Pilih Pemindaian Saluran secara otomatis atau auto scan. Tunggu beberapa saat.

Cara mencari siaran TV digital dengan Set Top Box

  1. Nyalakan televisi.
  2. Pastikan kabel AV STB sudah tersambung.
  3. Pindahkan ke Mode AV
  4. Cek STB masuk ke AV.
  5. Nyalakan STB dan klik Menu di remote STB
  6. Pilih menu Pencarian Saluran.
  7. Klik Pencarian Otomatis
  8. Tunggu hingga pencarian selesai.
  9. Jika sudah, pilih menu Simpan.

Itu dia cara mencari TV digital yang mudah anti ribet. Kamu sekarang bisa menemukan saluran digital secara otomasi. Mudah bukan?

BACA JUGA

Kelebihan TV Digital Dibandingkan Analog

Kelebihan digital cukup banyak dibandingkan dengan siaran TV analog. TV digital mampu menghadirkan gambar di layar kaca dengan kualitas HD. Hal ini tentunya berbeda dengan siaran TV analog yang hanya memiliki resolusi gambar SD.

Selain itu, TV digital juga menyediakan lebih banyak channel daripada TV analog. Sistem kompresi data yang digunakan pada siaran TV digital memungkinkan memuat lebih banyak data informasi audio visual pada satu spektrum sinyal.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: