Geger! DPR Ungkap RON Revvo 89 Lebih Tinggi Dibanding Pertalite

Geger! DPR Ungkap RON Revvo 89 Lebih Tinggi Dibanding Pertalite

Anggota DPR RI komisi VII dari fraksi PKS, Mulyanto.-Humas PKS-

BACA JUGA:Disperindag Jabar Awasi Distribusi Revvo 89 Milik SPBU Vivo, Politisi Demokrat: Udah Ngga Masuk Akal

Di sini terlihat jelas bahwa harga BBM Pertamax Pertamina berbeda dengan harga BBM Shell Super 92 milik SPBU Shell.

Pergerakan nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang berfluktuasi membuat harga minyak dunia ikut bergejolak.

Sehingga, sejumlah badan usaha penyalur BBM hingga kini terus memantau pergerakan minyak mentah. Hal ini juga yang membuat harga BBM pertamax Pertamina mengalami perumahan. 

Terlebih, kedua faktor tersebut merupakan komponen dasar pembentuk harga BBM. Untuk diketahui, biasanya memang sejumlah badan usaha penyalur BBM melakukan penyesuaian harga per tanggal 1 setiap bulan.

BACA JUGA:Pengendara di Bekasi Bingung, Revvo 89 Di SPBU Vivo Kembali Tersedia dengan Harga Berbeda

Termasuk juga harga BBM Pertamax Pertamina yang ikut berubah sejak kemarin. Dengan adanya perubahan harga pada SPBU Pertamina dan Shell tersebut.

Ini membuktikan bahwa memang badan usaha terus mengikuti perkembangan harga minyak dunia yang terjadi saat ini.

Fin.co.id kemudian berusaha mengonfirmasi mengenai kenaikan harga BBM tersebut, termasuk juga mengapa harga BBM Pertamax Pertamina, bisa lebih mahal dari SPBU swasta Shell.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, perbedaan harga BBM Pertamax Pertamina dengan SPBU swasta adalah hal yang wajar.

BACA JUGA:Kualitas Turun Pertalite Sekarang Lebih Boros, Ini Penjelasan Pengamat Otomotif

Bahkan hal itu tidak menyalahi aturan Kementerian ESDM, sepanjang BBM yang dijual itu bukanlah merupakan BBM subsidi atau BBM penugasan. 

Perbedaan tarif angkut BBM, termasuk juga tarif PPN di setiap daerah yang berbeda, memang bisa saja terjadi. Hal itu tidak dilarang, sepanjang masih tetap pada koridor aturan Kepmen ESDM nomor 62 Tahun 2020.

Itulah yang kemudian membuat harga BBM Pertamax Pertamina lebih mahal dari Shell. Sebab di dalam kepmen tersebut, telah diatur bagaimana formulasi penentuan harga BBM.

Sehingga sepanjang itu sesuai, maka sah saja badan usaha menentukan harga jual BBM mereka. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: