BPH Migas Pasang CCTV di SPBU, Pastikan BBM Pertalite Tepat Sasaran

BPH Migas Pasang CCTV di SPBU, Pastikan BBM Pertalite Tepat Sasaran

Salah satu SPBU di Jakarta Barat daerah Pos Pengumben--

FIN.CO.ID- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memasang sejumlah kamera pengawas atau CCTV di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum atau SPBU Pertamina. 

Pemasangan CCTV di SPBU dilakukan unutk memastikan penyeluran BBM bersubsidi seperti pertalite tepat sasaran.

Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra mengungkapkan, saat melakukan pengawasan di SPBU ada beberapa temuan. Sehingga pihaknya melakukan pemasangan CCTV agar dapat memperlihatkan nomor polisi kendaraan dan data disimpan setidaknya selama 30 hari.

“Inilah mengapa kami dorong masyarakat agar bersama-sama melakukan pengawasan. CCTV adalah salah satu hal yang terus didorong untuk diimprovisasi dan terus kita gencarkan. Hal ini, untuk mempermudah pemantauan terhadap adanya indikasi pengisian yang tidak wajar,” pungkas Yapit.

Selain itu, kata dia, pemasangan CCTV juga untuk memantau pelayanan di SPBU.

"Pengawasan ke SPBU untuk mengecek sarana fasilitas yang memadai, sehingga masyarakat menerima pelayanan yang nyaman," ucapnya. 

BACA JUGA:

Beli Pertalite Pakai Kartu

Pemerintah Kota Batam mengeluarkan program Fuel Card atau kartu yang akan digunakan saat membeli pertelite. 

Fuel Card ini ini dilakukan guna memastikan penyaluran BBM Pertalite tepat sasaran. 

Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra menyampaikan bahwa program Fuel Card yang digagas oleh Pemerintah Kota Batam dengan menggandeng Pertamina Patra Niaga sudah tepat dan sesuai.

Fuel Card ini kata Yapit berfungsi sebagai kartu kendali untuk memitigasi adanya penyalahgunaan BBM subsidi.

“Fuel Card memudahkan dalam proses pengawasan. Ini menumbuhkan perasaan aman kepada seluruh pihak. Karena kita yakin penggunaan Fuel Card dan QR Code bisa mengurangi terjadinya penyalahgunaan,” terangnya Selasa 30 April 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief juga menyampaikan dukungannya terhadap Program Fuel Card.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: