Geger! DPR Ungkap RON Revvo 89 Lebih Tinggi Dibanding Pertalite

Geger! DPR Ungkap RON Revvo 89 Lebih Tinggi Dibanding Pertalite

Anggota DPR RI komisi VII dari fraksi PKS, Mulyanto.-Humas PKS-

BACA JUGA:Pertamina Tegaskan Kualitas BBM Pertalite Tidak Berubah Sesuai Aturan Pemerintah

"Badan usaha pasti akan menyesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas mereka. Dalam artian gini, kalau Shell kan kita tahu bahwa jumlahnya kan cuma sedikit," ujar Mamit.

"Sedangkan kalau kita mengacu kepada Kepmen ESDM nomor 62 Tahun 2020, kan diatur mengenai formulasinya seperti apa," tambahnya kepada fin.co.id, saat dihubungi, Rabu, 2 November 2022.

Menurut Mamit, terjadinya perbedaan harga antara SPBU Pertamina dengan SPBU Shell adalah hal yang wajar, karena hal itu merupakan suatu bentuk aksi korporasi. 

Hanya saja menurut Mamit, publik perlu mengetahui bahwa di dalam komponen harga BBM itu juga terdapat margin maksimal 10 persen (sesuai Kepmen ESDM Nomor 62 Tahun 2020, serta komponen biaya alpha, dimana didalamnya termasuk biaya pengangkutan, penyimpanan BBM dan lainnya. 

BACA JUGA:Menteri ESDM Bilang Harga Pertalite Bisa Turun Jika Minyak Dunia Anjlok

"Karena kan dalam formula itu ada yang namanya margin, itu maksimal 10 persen. Terus ada juga yang namanya Alpha, dimana kalau yang RON 92 itu Rp1.800," terang Mamit.

"Dimana itu isinya adalah biaya biaya institusi, biaya penyimpanan dan lain-lain, sepertinya mereka mengambil dari sana. Dan ini sebagai salah satu upaya korporasi Shell untuk menarik konsumen kesana (harga lebih murah)," tambahnya. 

Diketahui, PT Pertamina Patra Niaga kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berlaku mulai 1 November 2022 di seluruh wilayah di Indonesia.

Perubahan harga itu, dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020.

BACA JUGA:Pertalite Naik Harga, Ercik Thohir Minta Masyarakat Kurangi Ketergantungan dengan BBM

Kepmen itu tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Penyesuaian harga kali ini, tidak berlaku pada Pertalite dan Pertamax. Artinya kedua jenis BBM ini tidak mengalami kenaikan atau penurunan harga.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: