Viral

Tuding Jokowi Pakai Ijazah UGM Palsu, Dokter Tifa Beberkan Bukti Mengejutkan

JAKARTA, FIN.CO.ID - Isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan ijazah palsu Universitas Gajah Mada (UGM) kembali muncul.

Mengenai isu tersebut, Dokter Tifauzia Tyassuma membeberkan fakta mengejutkan mengenai ada dua orang bernama Joko Widodo yang lulus dengan menggunakan ijazah yang sama di  Fakultas Kehutanan dairi UGM.

Dokter Tifa menyampaikan ada dua Jokowi pakai ijazah palsu melalui akun Twitter pribadinya bernama @DokterTifa.

Dalam cuitanya pada 9 Oktober 2022, Dokter Tifa mengunggah sebuah foto perbandingan antara Jokowi dengan mahasiwa UGM yang namanya mirip denganya.

BACA JUGA:Isu Ijazah Palsu Jokowi Kembali Mencuat, Gibran Rakabuming Buka Suara

BACA JUGA:Ajudan Jokowi Anak Eks Kapolri Da'i Bachtiar Kombes Adi Vivid Jadi Jenderal

Dalam foto yang diunggah dokter Tifa. Ia membandingkan wajah mahasiswa UGM dengan wajah Jokowi dari segi mimik wajah, bibir dan gigi.

"Semoga Jokowi yang Presiden tidak pernah mengakui ini sebagai foto wisudanya ya, sebagai dokter yang lulus matkul Anatomi 15 SKS pasti tahu, hidung, bibir & gigi di foto sebelah kanal adalah milik dua orang yang berbeda,' tulis Dr Tiga .

"Kala pun Jokowi adalah lulusan asli UGM, pasti punya foto wisudanya sendiri," tambahnya.

Lanjutnya, Dr Tifa menggungah foto kelulusan Jokowi di UGM pada tahun 1985. Beserta skripsi yang berjudul 'Studi Tentang Pola Komunikasi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kotmadya Surakarta'.

Tifa menduga jika pada tahun tersebut ada dua orang yang bernama Jokowi yang lulus secara bersamaan dengan judul skripsi yang sama.

"Penulis skripsi ini Joko Widodo Judul Skripsi sama. Nama sama. Asal SMA dari SMA 6 Yogyakarta. Joko Widodo Presiden, asal SMA dari SMA 6 Surakarta," ungkapnya.

"Berarti di tahun 1985, Fak Kehutanan UGM mwisuda dua orang lulusan dengan nama sama: Joko Widodo dengan satu skripsi.

BACA JUGA:Ajudan Jokowi Anak Eks Kapolri Da'i Bachtiar Kombes Adi Vivid Jadi Jenderal

BACA JUGA:Nasdem Capreskan Anies Dikaitkan Banjir Jakarta, Kata Sekjen PDIP, Situasi yang Sama saat Deklarasi Jokowi

Dokter Tifa pun kembali menguatkan faktanya jika ada dua Jokowi yang lulus di UGM.

Dokter Tifa pun membocorkan nama pembimbing skripsi Jokowi beserta Nomor Mahasiswa.Selain itu ia menunggah video Jokowi bersama dosen pembimbing. Berikutnya ia menunggah foto file skripsi Jokowi.

"Joko Widodo kiri pembimbing skripsi: Kasmudjo No Mahasiswa 1601/kt," tulisnya

"Joko Widodo kanan pembimbing skripsi: Prof Achmand Soemitro No Mahasiswa: 1681/kt," tambahnya.

"FIXED. Mahasiswa kehutanan UGM tahun 1980 ada dua Joko Widodo," tutupnya.

Meski begitu, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam laporan tangkal hoaks pada 19 Februari 2020, menyebut ijazah sarjana Fakultas Kehutanan dari UGM merupakan ijazah asli.

"UGM menjamin bahwa Jokowi memiliki ijazah asli. Ijazah Jokowi itu dikeluarkan pada 5 November 1985 dan ditandatangani oleh Dekan UGM Prof Dr Soenardi Prawirohatmodjo M.S, M.D dan Rektor UGM Prof DR T Jacob M.S M.D," demikian pernyataan resmi Kominfo.

Jokowi atau Joko Widodo lulus dengan skripsi "Stusi Tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kota Madya Surakarta".

Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta juga telah menegaskan keaslian ijazah sarjana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo'

BACA JUGA:Menkominfo Sambut Baik Sistem Pendataan Regsosek

BACA JUGA:Polisi Sudah Kantongi Identitas Pelaku Kerusuhan di Luar Stadion Kanjuruhan, Siap-siap Dijemput?

Gibran Rakabuming Angkat Bicara mengenai Ijazah Jokowi

Ijazah palsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mencuat beberapa waktu terakhir.Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pun buka suara.

Gibran mengaku bosan menanggapi munculnya isu ijazah palsu Presiden Joko Widodo yang kembali mencuat.

"Itu isunya muncul terus, tanya yang bikin isu. Nganti bosen nanggepi aku (saya sampai bosan menanggapi)," kata Gibran kepada awak media di Solo, Senin, 10 Oktober 2022.

Gibran mengatakan bahwa bantahan yang berkali-kali disampaikan akan menjadi sia-sia jika berhadapan dengan pihak yang tidak menyukai ayahnya.

BACA JUGA:DPR Dukung Kenaikan Cukai Rokok, Ini Besarannya

Menurut ia, jika memang Presiden Jokowi hanya mengandalkan ijazah palsu, tidak mungkin lolos pendaftaran pada berbagai kontestasi politik yang diikutinya, mulai dari Pemilihan Wali Kota Surakarta, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, hingga Pemilihan Presiden 2014.

"Sekarang daftar wali kota, gubernur, ora nganggo ijazah meh nganggo opo? Nganggo godong pisang po piye. Ora to yo, mosok meh ngapusi pendaftaran presiden (tidak pakai ijazah terus pakai apa? Apa pakai daun pisang. Kan tidak, masa mau berbohong pendaftaran presiden)," katanya.

Gibran mengatakan ijazah yang dimiliki ayahnya tersebut sah dan sudah sesuai, termasuk riwayat pendidikan Presiden Jokowi juga sesuai dengan daftar yang beredar saat pendaftaran pilpres.

"Riwayat pendidikan Pak Jokowi ya sesuai itu," katanya.

BACA JUGA:dr Eva Soal Kapolri Copot Kapolda Jatim Imbas Tragedi Kanjuruhan: Bersihkan Sampai ke Akar

Sementara itu, mantan Kepala SMAN 6 Surakarta Agung Wijayanto memastikan ijazah yang dimiliki Presiden Jokowi adalah asli.

Ia menegaskan bagi siapa saja yang meragukan keaslian ijazah Presiden Jokowi bisa datang langsung ke SMAN 6 Surakarta.

"Kalau yang begini-begini saya tidak mau menanggapi berlebihan. Begini saja, kalau ada yang ragu, silakan datang dan cek ke SMAN 6 Solo. Dokumennya kan ada di sana," tukasnya.

Admin
Penulis