Survei Trust Indonesia: Bahtiar Jadi Calon Kuat Pj Gubernur Jakarta

Survei Trust Indonesia: Bahtiar Jadi Calon Kuat Pj Gubernur Jakarta

Tangkapan layar Zoom, Peneliti Trst Indonesia Ahmad Fadli--

BACA JUGA:Siapa Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan? Ini Jawaban Jokowi

BACA JUGA:Pj Gubernur Harus yang Mengerti Karakteristik Jakarta, Pengusaha Butuh Kebijakan Pro Bisnis

"Untuk key opinion leader kita tidak perlu menggunakan jumlah responden seperti popularitas, elektabilitas karena untuk opinion leader di sini kita mengunci kepada ekspert saja dan tidak harus KTP DKI Jakarta," tambahnya.

Sedangkan, hasil dari key opinion leader calon Pj Gubernur DKI Jakarta yaitu Bahtiar dengan 59,8 persen, Marullah Matali dengan 35,7 persen, dan Heru Budi Santoso dengan 4,5 persen.

Sebagai informasi, jelas Fadli, teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling (non-probability sampling) dengan merumuskan kriteria spesifik yang akan diteliti terlebih dahulu.

Kemungkinan Munculnya Nama Lain

Sementara itu, Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Iman mengomentari isu yang tersebar di publik, bahwa ada kemungkinan munculnya nama lain diluar 3 nama tersebut yang sudah direkomendasikan DPRD DKI Jakarta. 

BACA JUGA:DPRD DKI Ajukan 3 Nama Lelaki Calon PJ Gubernur, Tak Ada Salahnya Mendagri Usulkan 3 Wanita Ini

BACA JUGA:Surat Edaran Mendagri Nomor 831/5492/SJ, Pj Gubernur Bisa 'Lepas Tangan' dari Kesalahan

Terkait hal itu, Arif menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengabaikan calon Pj Gubernur Jakarta diluar tiga nama yang telah direkomendasikan DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Tiga nama yang telah ditetapkan DPRD DKI Jakarta saya yakin telah melalui proses politik yang panjang, sehingga jika tiba-tiba ada nama lain muncul diluar itu akan menimbulkan pertanyaan besar publik, meskipun hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden,” terang Arif dalam kesempatan yang sama. 

Arif menilai, tiga nama yang telah ditetapkan DPRD DKI Jakarta itu merupakan pilihan yang sudah ideal.

“Tiga nama ini memiliki track record sebagai birokrat, dan sekali lagi akan menjadi pertanyaan besar jika tiba-tiba muncul diluar tiga nama yang telah ada,” tambah Arif.

BACA JUGA:Komparasi Mitsubishi Xpander vs Hyundai Stargazer vs Toyota Veloz, Siapa Lebih Unggul?

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: