Pj Gubernur Heru Ingin Jakarta Punya TPA Lumpur di Kepulauan Seribu

Pj Gubernur Heru Ingin Jakarta Punya TPA Lumpur di Kepulauan Seribu

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.-FIN/Disway Group Candra Pratama-

FIN.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap, DKI Jakarta tidak hanya memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk sampah saja, tetapi juga pembuangan lumpur di Kepulauan Seribu. Maka itu, dia meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta untuk bisa mengkaji terlebih dahulu terkait efektivitas dan perencanaan TPA untuk lumpur.

"Selain Refuse Derived Fuel (RDF), selain TPS 3R (Tempat Penampungan Sampah reduce, reuse, recycle) per wilayah kelurahan, per kecamatan dalam kapasitas yang lebih besar lagi dan untuk 50 tahun ke depan bisa membangun TPA di sekitar Kepulauan Seribu," kata Heru di kawasan Rorotan, Jakarta Utara dikutip dari Antara, Senin 13 Mei 2024.

BACA JUGA:

Menurut Heru, saat ini Jakarta tidak ada lagi lahan untuk tempat membuang sampah di daratan. Maka itu, dia berharap, DLH DKI bisa mengkaji hal tersebut lebih dalam.

"Konsepnya bagaimana? Kita lihat saja di Singapura, Jepang yang nanti menjadi pulau dan ini saya minta dikaji oleh DLH bersama dengan pecinta lingkungan, akademisi, untuk ke depan bisa dilaksanakan, sudah tidak ada lagi tempat membuang sampah di daratan," terangnya.

Selain itu, dia menuturkan, setiap harinya Jakarta mengeruk lumpur di setiap sungai yang ada. Jika Jakarta memiliki lahan sendiri khusus untuk membuang lumpur, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa menggunakan lahan tak terpakai untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Adapun salah satu lokasi yang menurut Heru layak untuk dikaji terkait perencanaan pembangunan TPA lumpur, yakni di wilayah utara. 

"Maka lokasinya adalah salah satunya yang pantas adalah yang layak dikaji adalah di wilayah utara. Jadi nanti pembuangan sampah itu termasuk sedimen menjadi pulau-pulau itu adalah untuk bisa pengolahan dinas taman dan juga tentunya untuk pengolahan sampah itu sendiri dan kita bisa menambah RTH," tuturnya.

Sekadar diketahui, Heru melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) fasilitas untuk memproduksi sampah menjadi bahan bakar alternatif (Refuse Derived Fuel/RDF) Plant di Rorotan, Jakarta Utara, yang merupakan salah satu pembangunan RDF yang terbesar di dunia. Kegiatan ini dilakukan bersama Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono hari ini.

"Fasilitas ini akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Ini adalah bagian terkecil dari salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengendalikan masalah sampah," katanya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: