Survei Trust Indonesia: Bahtiar Jadi Calon Kuat Pj Gubernur Jakarta

Survei Trust Indonesia: Bahtiar Jadi Calon Kuat Pj Gubernur Jakarta

Tangkapan layar Zoom, Peneliti Trst Indonesia Ahmad Fadli--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar, jadi calon kuat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang akan selesai masa jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Munculnya nama Bahtiar sebagai calon kuat itu berdasarkan survei key opinion leader terkait calon Pj Gubernur DKI Jakarta, yang dilakukan Lembaga Trust Indonesia. 

BACA JUGA:Sosok Ini Akan Ditunjuk Jokowi Jadi Pj Gubernur Jakarta

BACA JUGA:Pj Gubernur Punya Tugas Atasi Krisis Air Bersih di Jakarta, Pengamat: Tidak Perlu Membuat Program Baru

Dari survei tersebut, bahkan diketahui bahwa dua calon lainnya yaitu Sekda DKI Jakarta Marullah Matali dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, tertinggal jauh dari Bahtiar. 

Hal itu disampaikan oleh Peneliti Trust Indonesia Ahmad Fadli, dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Aktual, Sabtu 1 Oktober 2022. 

Fadli memaparkan, survei dilakukan secara online dalam rentang waktu 3 hari, yaitu pada tanggal 28-30 September 2022.

Ia menjelaskan, populasi survei adalah responden pakar atau expert yang dianggap memiliki pengetahuan mendalam mengenai 3 calon Pj Gubernur DKI Jakarta.

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Beberkan Ciri Pengganti Anies Baswedan Sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta

BACA JUGA:Anies Habis Masa Jabatan, Ini Harapan Pengusaha kepada Pj Gubernur DKI Jakarta

Responden terdiri dari delapan profesi yaitu birokrat, akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, pers, aktivis mahasiswa, LSM, dan pengamat Politik.

Menurut Fadli, dari survei tersebut nama Bahtiar berada peringkat teratas dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 76,2 persen.

Posisi kedua ditempati Marullah Matali dengan 52,4 persen, dan Heru Budi Hartono di peringkat ketiga dengan 36,1 persen.

"Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, anti korupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen," kata Fadli.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: