Pj Gubernur Harus yang Mengerti Karakteristik Jakarta, Pengusaha Butuh Kebijakan Pro Bisnis

Pj Gubernur Harus yang Mengerti Karakteristik Jakarta, Pengusaha Butuh Kebijakan Pro Bisnis

Hippi DKI menggelar FGD. (ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022. 

Nantinya, Jakarta akan dipimpin Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta sampai terpilih Gubernur definitif pada Pilkada Serentak 2024.

Untuk itu, Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk, PJ Gubernur DKI Jakarta Harapan Pelaku Usaha. 

(BACA JUGA:DPRD DKI Ajukan 3 Nama Lelaki Calon PJ Gubernur, Tak Ada Salahnya Mendagri Usulkan 3 Wanita Ini)

Hasil FGD ini, akan disampaikan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo sebagai rekomendasi pelaku usaha atas pemilihan PJ Gubernur DKI Jakarta. 

Sebagai kota jasa, kata Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang, DKI Jakarta membutuhkan kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha.

"Untuk itu, Jakarta membutuhkan Penjabat Gubernur yang mengenal dan mengerti karateriastik Jakarta, sehingga tidak salah dalam membuat kebijakan," ujar Sarman di Hotel Sofyan, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

Mengingat ekonomi Jakarta yang sangat strategis, lanjut Sarman, maka pelaku usaha berharap agar presiden dalam menunjuk Penjabat Gubernur DKI adalah sosok yang mumpuni.

(BACA JUGA:Surat Edaran Mendagri Nomor 831/5492/SJ, Pj Gubernur Bisa 'Lepas Tangan' dari Kesalahan)

Termasuk figur yang memahami karateristik Jakarta sebagai kota jasa. 

Sehingga, Pj Gubernur tidak salah dalam mengambil kebijakan.

"Dan yang paling penting mendalami akan profil ekonomi Jakarta yang memerlukan regulasi dan kebijakan yang mendorong berbagai sektor usaha tumbuh produktif," kata Sarman.

Termasuk tahapan Pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan, kata Sarman, sangat diharapkan Penjabat Gubernur DKI mampu menciptakan suasana politik yang tidak menimbulkan kegaduhan. 

(BACA JUGA:Kemendagri Godok Usulan Calon PJ Gubernur DKI, Stafsus Mendagri: Bisa Saja Sama, Bisa Saja Beda)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: