Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Ibaratkan TBC seperti Kapal Selam

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Ibaratkan TBC seperti Kapal Selam

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan penyakit TBC bak kapal selam-FIN/Candra Pratama/Disway Group-

FIN.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan penyakit Tuberkulosis (TBC) ibarat kapal selam. Pasalnya, kata dia, penyakit itu bisa-bisa secara langsung menyerang manusia.

"TBC ini adalah penyakit yang saya sebut seperti kapal selam. Dia diam, tidak ada suara, terus maju menularkan masyarakat Jakarta," kata Heru di Jakarta, Rabu 8 Mei 2024.

BACA JUGA:

Hal tersebut disampaikan oleh Heru Budi dalam acara memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Heru meminta sinergi dari seluruh jajaran untuk mewujudkan Kampung Siaga TBC dan merealisasikan Jakarta bebas TBC pada 2030. 

"Saya meminta para bupati, wali kota, camat, dan lurah untuk mengikuti acara ini. Jadi saya minta camat, lurah, dan tentunya wali kota, bupati untuk konsisten bisa menurunkan TBC," kata Heru.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini juga mengatakan, upaya untuk menekan kasus TBC merupakan prioritas Pemprov DKI Jakarta. Bahkan, Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) mengatur agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan untuk menanggulangi penyebaran TBC di Jakarta.

"Dalam UU DKJ ini, sekitar lima persen anggaran harus dialokasikan ke kelurahan, makanya ini bisa untuk program menuntaskan TBC. Kemudian, mulai hari ini kepala puskesmas jika ada warga non-Jakarta yang berobat di sini, kita obati dengan baik, dan wajib bersurat ke kepala daerah yang bersangkutan," tukasnya.

BACA JUGA:

(Candra Pratama)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: