Soal Naturalisasi, Janji Wamenkumham pada Jordi Amat dan Sandy Walsh: Dua Minggu Selesai

Soal Naturalisasi, Janji Wamenkumham pada Jordi Amat dan Sandy Walsh: Dua Minggu Selesai

Jordi Amat memiliki opsi untuk bermain di Liga Malaysia-Michael Siahaan-Antara

(BACA JUGA:Gagal Bela Timnas di Piala Asia, Jordi Amat Bakal Bermain di Malaysia )

"Komisi III DPR RI sudah menyetujui pemberian warga negara kepada dua orang tersebut. Kemudian, proses administrasi membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Saya berjanji untuk setelah ini akan mem-'follow up' kepada Mensesneg, karena proses selanjutnya di Kementerian Sekretariat Negara. Kami berharap tanggal 24 September mereka sudah bisa bermain atas nama Indonesia," tutur Edward.

Laki-laki yang juga Guru Besar Ilmu Hukum Pidana Fakultas Hukum UGM itu menjelaskan, setelah disepakati di DPR RI, berkas administrasi pewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diteruskan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk kemudian diberikan kepada Presiden Joko Widodo.

Kemudian, Presiden akan mengeluarkan Keputusan Presiden untuk pewarganegaraan mereka.

(BACA JUGA:Jordi Amat Kecewa tak Bisa Bela Timnas di Kualifikasi Piala Asia 2023)

"Terakhir, Sandy dan Jordi akan disumpah sebagai WNI. Setelah itu mereka baru bisa bermain untuk timnas Indonesia," tutur Edward.

Harapan serupa juga diutarakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

"Saya kira, mudah-mudahan prosesnya, pembuatan paspornya tidak lama lagi karena tanggal 24 dan 27 September mereka akan diturunkan dalam 'FIFA match day'," tutur Zainudin.

(BACA JUGA:Jordi Amat dan Sandy Walsh Latihan Bareng Timnas Indonesia, Marc Klok Girang Bukan Main)

(BACA JUGA:Jordi Amat dan Sandy Walsh Ikut Latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Coba Jelaskan)

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) merupakan pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda.

Mereka lama berkarier di Eropa. Jordi, seorang bek tengah, sempat memperkuat tim-tim seperi Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Kini, dia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: