Mengenali Uzbekistan: Negara Kelahiran Imam Bukhari dan Permata Asia Tengah

Mengenali Uzbekistan: Negara Kelahiran Imam Bukhari dan Permata Asia Tengah

Uzbekistan -Net-

FIN.CO.ID- Nama negara Uzbekistan jadi populer di mesin pencarian Google sejak kemarin. Hal ini setelah timnas negara mayoritas muslim sunni itu berhadapan dengan timnas Indonesia pada semifinal Piala Asia U-23 di Qatar. 

Dalam laga ini, Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-2. Uzbekistan kini akan berhadapan dengan Jepang pada laga Final Piala Asia 2024.

Uzbekistan adalah negara pecahan Uni Soviet di Asia Tengah, tak hanya menawarkan keindahan lanskap pegunungan dan danau, namun juga menyimpan kekayaan sejarah Islam.  

BACA JUGA:

Negara berpenduduk sekitar 36 juta jiwa ini merupakan tempat kelahiran Imam Bukhari, salah satu imam hadits terkemuka yang dihormati hingga kini. 

Imam Bukhari lahir di kota Bukhara. Bukhara merupakan salah satu kota tertua di Uzbekistan yang memiliki khazanah sejarah Muslim yang kuat. 

Bukhara tak hanya menjadi tanah kelahiran Imam Bukhari, tetapi juga pernah menjadi pusat ekonomi dan peradaban penting di kawasan Asia Tengah.  

Pengaruh Islam yang dibawa oleh sang Imam dan para ulama lain membuat Islam Sunni bermazhab Hanafi menjadi agama mayoritas di Uzbekistan. 

Selain Islam, Uzbekistan juga masyarakat yang multireligi. Kristen Ortodoks dan Yahudi turut berkembang di sana. Uzbekistan kini tengah giat dalam gerakan "Literasi Umat" untuk memudahkan akses masyarakat terhadap ilmu pengetahuan. 

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata sejarah dan budaya Islam, Uzbekistan bisa menjadi tujuan yang menarik.  

BACA JUGA:

Selain mengunjungi kota tua Bukhara, Anda juga dapat mengeksplor kota-kota bersejarah lainnya seperti Samarkand dan Khiva. Uzbekistan menawarkan pengalaman tak terlupakan untuk mengenal jejak Islam di Asia Tengah.

Prestasi Uzbekistan di Piala Asia

Uzbekistan memiliki prestasi yang menarik di Piala Asia, namun perlu dibedakan antara tim senior dan tim U-23 mereka:

Tim Senior Uzbekistan belum pernah menjadi juara Piala Asia di level senior. Pencapaian terbaik mereka adalah mencapai semifinal Piala Asia pada tahun 2011.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: