Komisi XI DPR Tolak Kenaikan Harga BBM: Ekonomi Masyarakat Belum Pulih!

Komisi XI DPR Tolak Kenaikan Harga BBM: Ekonomi Masyarakat Belum Pulih!

Ilustrasi - Petugas di SPBU hendak mengisi BBM jenis Pertamax. FOTO: Pertamina Patra Niaga--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menolak wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Dia berujar, saat ini belum waktunya untuk pemerintah menaikkan harga BBM.

Sebab menurut Hafisz, eknomi masyarakat saati ini belum pulih pascapandemi COVID-19 yang menghantam perekonomian selama 2 tahun.

"Tidak baik kondisi saat ini menaikkan harga BBM. Rakyat belum pulih secara ekonomi. Lalu kalau pemerintah menaikan BBM pasti ekonomi rakyat yang baru membaik tersebut akan jatuh lagi. Pada akhirnya ekonomi semakin berat," kata Hafisz lewat keterangan tertulisnya, Jumat 26 Agustus 2022.

Menurutnya, kenaikan BBM akan mendistorsi proyeksi ekonomi yang cukup dalam. Kalau ekonomi berat, otomatis transaksi perdagangan akan terkontraksi dan pada gilirannya target ekonomi tidak tercapai. 

(BACA JUGA:Harga BBM akan Naik, Anggota DPR: Nelayan dan Petani Makin Susah)

(BACA JUGA:DPR Usul MUI Keluarkan Fatwa Haram Orang Mampu Beli BBM Subsidi, Felix Siauw: Enggak Becus Kerja)

"Ini pasti akan berimbas pada penerimaan negara yang tidak maksimal,' ujar politikus Partai Amant Nasional (PAN) ini.

Dia mengatakan, opsi menaikkan BBM bukanlah pilihan yang rasional. Sebaliknya, jadi pilihan yang cukup terjal dan mengandung high risk. 

"Short cut ini bukan terobosan yang baik. Kalau salah ambil langkah (naikkan BBM) bisa goncang perekonomian kita," tutup Wakil Ketua BKSAP DPR tersebut.

Wacana kenaikan harga BBM saat ini sedang dibahas oleh pemerintah. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

(BACA JUGA:IESR Setuju Pemerintah Naikkan Harga BBM Pertalite, Tapi Bagai Buah Simalakama)

(BACA JUGA:Menko Airlangga Bilang Pemerintah akan Kucurkan Bantuan Sosial Jika Terpaksa Harga BBM Harus Naik)

"Ini sedang dipikirkan. Jadi masih dalam penggodokan, masih dalam pembahasan, apakah akan dinaikkan atau tidak," kata Wapres usai menghadiri Acara Haul Ulama Indonesia Ke-23 Tahun Almarhum Habib Umar Bin Hood Alatas di Depok, Jawa Barat, Sabtu pekan lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: