Terungkap! Adik Brigadir J Bripda LL Hutabarat Ngaku Dilarang Masuk dan Tak Tahu Hasil Otopsi

Terungkap! Adik Brigadir J Bripda LL Hutabarat Ngaku Dilarang Masuk dan Tak Tahu Hasil Otopsi

Adik kandung Brigadir J, Bripda Mahareza Hutabarat atau lebih dikenal Bripda LL Hutabarat,-roslin emika-facebook

JAKARTA, FIN.CO.ID - Keluarga Brigadir Nopransyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J hingga kini belum mengetahui hasil otopsi yang dilakukan pihak rumah sakit. 

Bahkah, adik kandung Brigadir J, Bripda Mahareza Hutabarat atau lebih dikenal Bripda LL Hutabarat, juga tidak hasil otopsi kakaknya. 

(BACA JUGA:Update Kasus Brigadir J, Polisi Periksa 11 Anggota Keluarga Brigadir J )

Hal itu disampaikan Reza -sapaan Mahareza Hutabarat- di depan Pemeriksa Utama Divisi Propam Polri Kombes Pol Leonardo Simatupang saat berada di rumah duka di Muaro Jambi pada Sabtu 9 Juli 2022 lalu.

Awalnya, ayah Brigadir J yaitu Samuel Hutabarat bersikeras ingin melihat kondisi jenazah putranya. Samuel menegaskan tidak akan menandatangani surat penyerahan jenazah jika belum melihat secara langsung.

Kombes Pol Leonardo Simatupang pun mencoba menjelaskan kepada Samuel dan pihak keluarga lainnya. 

Leonardo mengatakan bahwa hasil otopsi Brigadir J sudah ada. Bahkan Reza juga sudah diberitahu saat berada di rumah sakit di Jakarta. 

(BACA JUGA:Terkait Kasus Brigadir J, Lemkapi Komentari Pencopotan Jabatan Jenderal dan Kombes, Begini Katanya )

Lantas, Leonardo mempersilakan Reza untuk bicara terkait hasil otopsi jenazah Brigadir J. Karena diminta berbicara, Reza mengungkapkan apa yang dia alami dan lihat selama berada rumah sakit.  

"Saya izin menyampaikan apa adanya dengan kejadian di TKP. Mohon maaf sebelumnya saya tidak melebihkan atau mengurangkan. Mungkin di sana juga banyak saksi-saksi. Bahwa saat selesainya otopsi, saya tidak diperkenankan untuk melihat almarhum. Jadi saya tidak tahu hasil otopsinya bagaimana. Karena saya memang dilarang untuk masuk. Dan saya hanya bisa melihat ketika almarhum sudah dalam kondisi pakai baju dan jas rapi semua. Demikian komandan," kata Reza seperti dikutip FIN dari akun Facebook Roslin Emika pada Jumat, 22 Juli 2022.

Mendengar pengakuan Reza, Leonardo langsung mengatakan bahwa tidak ada pihak yang ingin menghalangi keluarga melihat kondisi jenazah. 

"Tapi sebenarnya, waktu itu Reza diperkenankan ke rumah sakit dan berangkat. Iya kan. Untuk ke rumah sakit melihat kakaknya di sana dilakukan otopsi. Tidak akan ditahan-tahan kok. Jadi maksud saya ini sudah diotopsi. Kalau mau dilihat tidak ada gunanya. Karena apa? Karena kalau sudah diotopsi itu sudah dicek satu persatu.  Mau gimana lagi. Mau dilihat bekas-bekasnya. Kita menyarankan. Dan juga hasilnya sudah ada di rumah sakit. Nanti kalau ada keberatan dari keluarga silakan ke Jakarta. Datangi rumah sakit. Kadiv propam kan sudah sampaikan. Ini kan untuk kebaikan adik kita ini," papar Leonardo.

(BACA JUGA:Ahli Forensik RSAL Diminta Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, TNI AL: Tunggu Keputusan Panglima TNI)

Seperti diberitakan, aksi baku tembak yang terjadi di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo terus diselidiki. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: