Warning Kemendikbudristek, Penerima KIP Kuliah Bisa Berganti Mahasiswa, Begini Alasannya

Jumat 02-09-2022,21:07 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

"Selain IPK, penting juga memperhatikan status ekonomi. Dzolim jika fasilitas ini diberikan kepada orang yang tidak tepat," katanya.

Menurut dia, status ekonomi menjadi salah satu sorotan karena dua tahun belakangan, Puslapdik tidak mewajibkan kunjungan langsung ke rumah calon penerima KIP Kuliah karena pandemi sehingga dikhawatirkan ada kecurangan saat mengisikan data-data pada saat seleksi KIP Kuliah.

Abdul Kahar berpesan selalu tanamkan rasa syukur, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan "Golden Ticket" ini, mengubah pola pikir untuk selalu semangat dan bertekad menjadi lebih baik dengan meningkatkan proses belajarnya.

(BACA JUGA:Pembiayaan KIP Kuliah Rp6,6 Juta)

(BACA JUGA:Daftar KIP Kuliah Gratis)

Sementara Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD-KGH mengatakan dirinya juga merupakan mahasiswa penerima beasiswa.

"Sama seperti anda, saya juga kuliah dengan bantuan beasiswa. Mulai semester 3 sampai akhir tidak bayar kuliah. Saat melanjutkan ke tingkat spesialis saya juga mulai kuliah sambil bekerja," kata Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD-KGH.

Ia menyampaikan belajarlah melihat apa yang dibutuhkan orang lain dan mengubahnya sebagai kesempatan wirausaha.

(BACA JUGA:Dibuka Hari Ini, Daftar KIP Kuliah Gratis)

"Saya dulu berjualan fotokopi untuk diktat. Pakailah ilmu bodoh, jangan terlalu menjadi pemikir tapi ilmu bodoh yang mempunyai strategi peta jalan hidup," katanya.

Wali Kota Magelang turut menyampaikan materi dengan tema “Dukungan Pemerintah Kota Magelang dalam Dunia Pendidikan Tinggi”

(BACA JUGA:Ini Tahapan Pendaftaran SNMPTN bagi Penerima KIP Kuliah)

Raktor Untidar Magelang Prof. Dr. Mukh Arifin, M.Sc. berharap mahasiswa penerima KIP Kuliah akan menjadi duta atau teladan mahasiswa Untidar lainnya. Teladan dalam semangat belajar, mengembangkan diri dan berperilaku yang menjunjung akhlak yang baik.

Ia menekankan bahwa tidak semua mahasiswa yang memiliki kondisi ekonomi seperti mereka mendapatkan kesempatan memperoleh KIP Kuliah. Maka fasilitas yang akan diperoleh seperti pembiayaan Uang Kuliah dan Uang Saku harusnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mendukung perkuliahan di Untidar.

Sesuai data yang dipaparkan Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Untidar David Budhi Hartono, M.Si. dari total 755 mahasiswa yang memiliki KIP Kuliah hanya 365 mahasiswa yang ditetapkan menjadi penerima KIP Kuliah di Untidar. 

Kategori :