Kemendikbudristek Tetapkan 40.541 Formasi: 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK

Kemendikbudristek Tetapkan 40.541 Formasi: 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK

Ilustrasi ASN dan Guru--bkpsdmd.babelprov.go.id

FIN.CO.ID - KemenPAN-RB menyerahkan izin formasi sebanyak 40.541 calon ASN di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK. Dan ada beberapa poin penting yang menjadi titik tekan. 

"Pertama, formasi ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek. Selain tentu formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di Pemda,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Senin, 1 April 2024.

Poin kedua, lanjut Anas, adalah pemenuhan kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen. Beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri sangat terbatas, padahal jumlah mahasiswa terus meningkat.

BACA JUGA:

“Tahun ini sesuai arahan Bapak Presiden, formasi untuk dosen diharapkan bisa optimal. Sudah kami diskusikan detil dengan Pak Nadiem Makarim, termasuk kami memberi saran soal beberapa teknis seleksi,” jelasnya.

Ketiga, adalah pemenuhan formasi untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Arah kebijakan pengadaan CASN tahun 2024 fokus pada pelayanan dasar, yaitu guru dan tenaga kesehatan. 

Kemudian seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah. Selanjutnya merekrut talenta-talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS, dan terakhir, mengurangi rekrutmen jabatan.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: