IKN di Mata Indigo: Indonesia Jaya Tahun 2032, Banyak Orang Sukses di Kalimantan

IKN di Mata Indigo: Indonesia Jaya Tahun 2032, Banyak Orang Sukses di Kalimantan

Desain Ibu Kota Negara di Kalimantan--Istimewa

Dia pun meminta kepada netizen yang mengecam pemindahan ibu kota agar lebih banyak intropeksi diri. 

“Kalau saya melihat itu sah-sah saja. Yang salah bukan lokasinya. Namun, kembalikan lagi pada diri kita masing-masing,” pungkas Tigor Otadan.

Seperti diberitakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan siap mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara baru di Kalimantan Timur. 

(BACA JUGA:SoftBank Tak Jadi Investasi di IKN Nusantara, Bambang Susantono Tak Ambil Pusing: Investornya Banyak)

Beberapa infrastruktur inti dan strategis akan dikerjakan saat sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Keuangan. Terutama kaitannya dengan ketersediaan anggaran.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, dalam agenda Media Gathering Forwapu di Bogor, Rabu 23 Maret 2022. 

Menurut Zainal, pihaknya saat ini sedang mengajukan anggaran kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp46 triliun.

Namun untuk kepastian berapa anggaran yang bakal dipercayakan kepada Kementerian PUPR hingga saat ini belum final.

(BACA JUGA:Datangi KPK, Kepala Otorita IKN Nusantara Bahas Tata Kelola Ibu Kota Baru)

"Kita sudah melakukan pembahasan dengan teman-teman di Kementerian Keuangan. Saat ini sedang berproses. Kami juga menghitung ada adjustment (penyesuaian) kita lakukan sejak awal dan alhamdulillah teman-temen di keuangan sangat support," ujar Zainal. 

Beberapa infrastruktur inti yang nantinya akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR diantaranya adalah jalan, sarana prasarana perairan, jembatan, gedung-gedung pemerintah dan lainnya. 

Dalam proses pembangunannya dipastikan akan dikedepankan aspek keberlanjutan. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu menyatakan bahwa infrastruktur di IKN harus berbeda.

Zainal menyatakan desain awal pembangunan infrastruktur IKN nantinya akan dikedepankan dengan konsep smart city. 

(BACA JUGA:PKS Sorot Ritual Kendi di IKN: Kalau Tujuannya Dapat Berkah, Maka MUI dan Ulama Harus Peringatkan Jokowi)

Untuk itu pemerintah bakal menggandeng Korea Selatan (Korsel) untuk memastikan grand design smart city nantinya benar-benar terwujud di dalam IKN Nusantara tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: