Jokowi Pindah Kantor ke IKN Bulan Juli 2024

Jokowi Pindah Kantor ke IKN Bulan Juli 2024

Presiden Jokowi-Sekretariat Presiden -Sekretariat Presiden

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan pindah kantor pada Juli 2024 mendatang. Selain Jokowi, seluruh staf Istana Negara juga ikut pindah. 

"Jadi untuk presiden itu ada dua yakni Kantor Presiden dan Istana Negara. Insya Allah fungsional pada Juli-Agustus," ujar Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Terkait utilitas listrik, internet, dan jaringan air, Danis memastikan bahwa setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden sudah tersedia air, listrik, dan internet.

Untuk air, Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke dalam multi utility tunnel (MUT).

BACA JUGA:

Selain itu untuk listrik, PLN sudah menyiapkan yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sekitar 50 MW. Kemudian dari Telkom terkait telekomunikasi yakni internet dimasukkan ke dalam box MUT, kemudian nantinya akan terhubung ke setiap kavling-kavling bangunan.

"Saat ini secara paralel bersama dengan penyelesaian gedung kita sudah mulai koneksikan utilitas-utilitas tersebut kepada masing-masing bangunan," terang Danis.

Kementerian PUPR memastikan pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana dan Kantor Presiden tetap sesuai target serta diharapkan bisa selesai, dan dapat dimanfaatkan untuk Upacara Kemerdekaan RI pada tahun ini di IKN.

Rencananya, perayaan 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara. 

Upacara berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden serta berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan lanskap seluruh kota IKN.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: