Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, Said Didu Bilang: Kades Disogok Pake Uang Rakyat Demi Jabatan

Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, Said Didu Bilang: Kades Disogok Pake Uang Rakyat Demi Jabatan

Mantan sekretaris BUMN Muhammad Said Didu -@msaid_didu -Twitter

Namun, Jokowi tidak merespon usulan yang dilontarkan para peserta tersebut. Dia hanya menyapa para peserta sambil membagikan kaos dengan gambar wajahnya. 

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan memberikan dana operasional desa yang berjumlah tiga persen. Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutan pada silaturahmi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) pada Selasa (29/3/2022). 

“Sebetulnya kalau tidak ada Covid di 2020, saya sudah berpikir akan menambah, melompatkan anggaran desa itu lebih gede lagi. Tapi Tuhan belum mengizinkan. Karena uang yang dipakai Covid di 2020 sudah Rp690 triliun, gede sekali. Tahun 2021 Rp740 triliun. Sehingga dana seluruh kementerian juga kita potong. Kemudian dana untuk desa juga sedikit kita potong. Dedikit kita potong, tidak banyak,” ujar Jokowi. 

(BACA JUGA:Bantah Klaim Luhut, Pakar Medsos: Buzzer Pendukung Jokowi Juga Ikut Tolak Penundaan Pemilu dan 3 Periode)

Hingga tahun ini pemerintah telah menyalurkan anggaran dana desa sebesar Rp 468 Triliun. Karena itu, Jokowi mengingatkan agar pemerintah desa berhati-hati dalam mengelolah anggaran dana desa. 

Dana desa ini, lanjut Jokowi, menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di desa maupun nasional. 

“Jangan sampai uang itu kembali ke kota. Apalagi ke Jakarta. Hati-hati kembali lagi ke sini, hati-hati pertumbuhan ekonomi secara terus menerus dan berkelanjutan itu akan kembalinya ke pusat lagi. Usahakan ini penting sekali beli apa-apa semuanya dari desa kita, apapun itu,” papar Jokowi. 

Pada saat sesi dialog dengan Luhut Panjaitan para kepala desa dan perangkat desa seluruh Indonesia bergantian mengajukan pertanyaan. 

(BACA JUGA:Luhut: Jokowi Bisa Saja 3 Periode, Tergantung Rakyat, MPR dan DPR)

Salah seorang perwakilan perangkat desa asal Aceh bernama Muslim. Awalnya, Muslim bertanya tentang pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). 

Dia mengharapkan Presiden Jokowi dapat memindahkan pengelolaan taman tersebut dari Medan ke Aceh. 

Muslim berharap Luhut Panjaitan dapat menyampaikan aspirasi masyarakat Aceh kepada Jokowi. 

Usai menyampaikan permintaan tersebut, tiba-tiba Muslim berteriak Presiden Jokowi tiga periode.

(BACA JUGA:Spanduk Jokowi 3 Periode Mulai Disebar, Warga: Presiden Sebelumnya Ngga Pernah Kayak Gini)

“Tolong ini sebagai permintaan kami kepada bapak. Saya yakin bapak bisa mengabulkannya dan pak presiden bisa mengabulkannya. Jokowi tiga periode, setuju?” ujar Muslim. “Setujuu,” balas para peserta lain. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: