Bahlil Lahadalia Akui Dirinya yang Mengusulkan Tunda Pemilu dan Perpanjang Masa Jabatan Jokowi

Bahlil Lahadalia Akui Dirinya yang Mengusulkan Tunda Pemilu dan Perpanjang Masa Jabatan Jokowi

Presiden Jokowi dan Bahlil --

FIN.CO.ID- Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengakui bahwa dirinya yang pertana kali mengusulkan untuk menunda pemilu. 

Bahlil mengatakan, dia tidak pernah diperintahkan oleh siapa pun mengenai usulan itu. 

"Saya mau sampaikan ya, yang ngomong pertama tentang isu penundaan pemilu itu namanya Bahlil Lahadalia. Buka itu di semua media, dan saya tidak pernah diperintah oleh siapapun," kata Bahlil saat menghadiri deklarasi dukungan relawan Penerus Negeri di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu 28 Oktober 2023.

BACA JUGA:


Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia--

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Gibran ini menerangkan bahwa dirinya mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda untuk menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia saat pandemi COVID-19 tahun 2021.

Dia menjelaskan saat itu sebagian besar aspirasi dari dunia usaha menyarankan kalau bisa Pemilu 2024 ditunda.

Namun menurut dia, gagasan tersebut bisa diimplementasikan apabila sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Tapi saya katakan bahwa itu harus ada aturannya, silahkan aspirasi itu diserahkan kepada parlemen dan hukum memungkinkan atau tidak. Kalau memungkinkan, ya monggo, kalau tidak, ya tidak usah," ujarnya.

BACA JUGA:

Dia mengaku tidak tahu mengapa isu tersebut kembali ramai dibicarakan, padahal dirinya tidak mencalonkan diri sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, isu perpanjang masa jabatan itu diminta oleh 'pak lurah' melalui menterinya, namun ditolak oleh PDI-Perjuangan

Sebelumnya saya bertemu dengan menteri tersebut, dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikap ketua umum beberapa partai yang menyuarakan itu, saat itu dikatakan sebagai permintaan Pak Lurah, kami mendengar itu," ujar Hasto di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat 27 Oktober 2023.

Ia menegaskan PDIP tegak lurus dengan konstitusi dan menolak penundaan pemilu dan perpanjang masa jabatan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: