Projo: Dukung Jokowi Bukan Berarti Masa Jabatan Presiden Diperpanjang

Projo: Dukung Jokowi Bukan Berarti Masa Jabatan Presiden Diperpanjang

Presiden Jokowi saat kampanye Pemilu 2019 di GBK Senayan Jakarta.-dok fin-dok fin

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sekjen DPP Relawan Pro Jokowi (Projo) Handoko mengatakan bahwa pentingnya melanjutkan warisan pembangunan kepemimpinan Presiden Joko Widodo tidak dimaknai agar masa jabatan presiden diperpanjang.

"Meneruskan legacy itu bukan berarti harus Pak Jokowi terus (yang memimpin), enggak. Tapi regenerasi harus berlanjut, yang penting kualitas demokrasi nya meningkat. Itu yang nanti akan menjamin bagaimana perjalanan bangsa ini ke depan," kata Handoko di Kantor DPP Projo, Jakarta, Rabu 28 Desember 2022.

BACA JUGA:Jerry Massie: Anies dan Prabowo Tandem Cocok Puan Maharani di Pemilu 2024

Ia menyebut keberlanjutan pembangunan yang sudah baik di masa kepemimpinan Presiden Jokowi harus dipastikan berlanjut guna mendorong pemerataan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

"Dengan demikian, warisan Jokowi kepada bangsa Indonesia akan terus dikenang dan dijadikan tolak ukur dalam membangun sebuah bangsa yang besar dan bermartabat," ujarnya.

Menurutnya, siapa pun anak bangsa yang mempunyai kapabilitas, kualitas dan integritas memiliki hak yang sama untuk melanjutkan semua hal-hal baik yang telah dihasilkan Presiden Jokowi.

"Ada aspirasi dari sebagian masyarakat yang menginginkan Jokowi untuk melanjutkan masa jabatan tiga periode. Walau demikian kami menyadari bahwa hal tersebut sangat bertentangan dengan Konstitusi UUD 1945, demokrasi dan semangat reformasi," tuturnya.

BACA JUGA:TNI AU Datangkan Pesawat Jet Falcon 7X dan 8X, Ini Komentar Menhan Prabowo Subianto

Alih-alih mendukung wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, lanjut dia, Projo menekankan bagaimana penyelenggaraan pemilu dimaknai sebagai sebuah konsolidasi demokrasi yang akan memunculkan sebuah regenerasi sehingga fungsi-fungsi etik demokrasi bisa mewujud.

"Strategi utama Projo adalah mendorong semua pemangku kepentingan bangsa ini untuk bersama-sama menggunakan momentum Pemilu 2024 sebagai sarana konsolidasi besar bagi bangsa Indonesia untuk memfokuskan diri dalam bekerja bagi kemakmuran, kesejahteraan dan pemerataan," ujarnya.

Ketika ditanya tokoh potensial calon presiden yang akan didukung Projo pada Pilpres 2024, ia menyebut bahwa Projo berupaya mencari calon pemimpin Indonesia berikutnya melalui wadah Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) sebagai sebuah instrumen demokrasi yang melibatkan sebanyak mungkin partisipasi publik.

"Kalau soal nama, kami masih akan menggelar Musra sampai selesai, ‘kan masih berlanjut. Sekarang sudah sepertiga lah dari provinsi (di Indonesia), nanti Januari kita akan gelar lagi," kata Handoko.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: