Isu 3 Periode Memanas! PDIP: Disuarakan Parpol Atas Permintaan Pak Lurah

Isu 3 Periode Memanas! PDIP: Disuarakan Parpol Atas Permintaan Pak Lurah

PDIP menyebut isu 3 periode disuarakan sejumlah parpol atas permintaan Pak Lurah-fin/setpres-

FIN.CO.ID - Isu dugaan 3 periode jabatan presiden ternyata benar. PDIP bahkan menyebut hal tersebut disuarakan oleh sejumlah partai politik atas permintaan Pak Lurah. Istilah Pak Lurah ini kerap diidentikkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Saya sendiri mengalami itu. Ketika saya nyekar di Makam Bung Karno, di Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big datanya, ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Oktober 2023.

Menurutnya, sebelum isu tersebut muncul, Hasto mengaku bertemu dengan menteri itu. Dalam pertemuan menteri itu menyebut menyebut ada beberapa ketua umum partai politik menyuarakan isu tiga periode sebagai permintaan Pak Lurah atau Presiden.

"Dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikap ketua umum beberapa partai politik yang menyuarakan saat itu dikatakan sebagai permintaan Pak Lurah. Kami mendengar itu," terangnya. 

Hasto menegaskan dirinya akan bertanggung jawab atas pernyataannya tersebut secara politik, hukum dan di hadapan Tuhan.

BACA JUGA:

"Jadi berbagai upaya yang dilakukan berbagai Ketum, saat itu yang saya dapat informasinya, ini bisa di-crosscheck ya. Saya pertanggungjawabkan secara politik hukum, dan juga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan rakyat Indonesia, bahwa itu memang benar ada," tegas Hasto. 

Namun, lanjutnya, PDIP secara tegas menolak adanya wacana perpanjangan 3 periode tersebut. 

"Ada juga melalui pihak-pihak lain yang kemudian disuarakan ke PDIP. Namun, sikap PDIP adalah konsisten menempatkan konstitusi sebagai rule of the game yang sangat fundamental," terang Hasto.


Komik Kita Sindir Jokowi: Ojo Kesusu Ojo Grusa Grusu, Anakku Arep Melu-fin-KomikKita-Instagram

Direktur Charta Politika Ngaku Pernah Diminta

Dugaan keinginan Presiden Jokowi menjabat 3 periode disinyalir benar adanya. Setelah Adian Napitupulu menyebut PDIP menolak keinginan itu, giliran Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya buka suara. 

Melalui akun Instagram pribadinya, Yunarto Wijaya mengaku pernah diminta untuk merealisasikan keinginan tersebut. Tetapi, dia menolaknya. 

Yunarto Wijaya juga menulis apakah masih ada orang yang mempertanyakan siapa aktor intelektual di balik keinginan 3 periode tersebut. Dia juga menyebut soal anaknya dan ipar yang diduga ditujukan kepada Presiden Jokowi. 

"3 Periode, Perpanjangan Periode, Kemudian Anaknya, Lewat Iparnya. Lalu kita masih bertanya siapa aktor intelektualnya??? Saya adalah salah 1 pihak yang pernah diminta untuk bantu gol-kan hal-hal tersebut dan saya menolak semuanya. Karena saya bukan penganut Harmoko-isme," tulis Yunarto Wijaya seperti dikutip fin.co.id pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: