MotoGP Dalam Hitungan Angka, Benarkah Efektif Dorong Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata?

MotoGP Dalam Hitungan Angka, Benarkah Efektif Dorong Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata?

Presiden Joko Widodo menyerahkan Piala MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika Lombok kepada Miguel Oliviera-ist-net

Adapun jumlah lapangan pekerjaan yang tercipta dari even tersebut jumlahnya mencapai 35.000 - 50.000 serapan tenaga kerja. 

Kemudian orang yang m nonton siaran langsung MotoGP Mandalika disebut mencapai 400 juta orang. 

Kemudian, mengutip postingan dari akun Instagram resmi Menparekraf, Sandiaga Uno, @sandiuno, diketahui sebanyak 300 pelaku UMKM di Lombok mengalami peningkatan pendapatan mencapai total Rp1,2 miliar berkat gelaran MotoGP Mandalika 2022.

(BACA JUGA:Dahsyat, ALL New Honda HR-V Catat Pemesanan 1.265 Unit di Hari Pertama Peluncuran)

"Ini tentunya menjadi sinyal kebangkitan ekonomi, dengan terciptanya banyak lapangan kerja dan peluang usaha, dalam menyongsong tatanan ekonomi baru," tulis Sandiaga Uno dalam kolom caption, dilihat Fin.co.id, 27 Maret 2022. 

Sandiaga memastikan, ia bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mendorong agar para pelaku usaha dapat terdigitalisasi, sehingga usahanya bisa lebih berkembang lagi kedepannya. 

Salah satu contoh UMKM yang sukses memanfaatkan momentum MotoGP Mandalika 2022 yaitu pengusaha Ayam Taliwang, panganan khas Lombok. 

Pelaku UMKM kuliner di Lombok, menurut Sandiaga salah satunya pengusaha ayam taliwang yang mengalami kenaikan omset mencapai miliaran rupiah.

(BACA JUGA:Pengakuan Mama Muda Korban Pelecehan Di Kota Bekasi, Hingga Kesulitan Polisi Ungkap Pelaku)

Termasuk juga Ayam Taliwang H. Moerad yang terletak di Mataram, Lombok, yang mengaku pendapatannya meningkat 10 x lipat dibandingkan hari-hari biasanya. 

MotoGP Mandalika 2022 juga telah menjadi tonggak tatanan ekonomi baru, menciptakan efek domino kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja baru bagi pelaku ekonomi kreatif.

"Inilah yang terus bersama Bapak Presiden Jokowi kami lakukan untuk menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," tulis Sandiaga dalam postingan lainnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: