Salurkan Bansos Lewat Kartu, Anies: Warga Lebih Merasa Yakin

Salurkan Bansos Lewat Kartu, Anies: Warga Lebih Merasa Yakin

Kartu bantuan sosial DKI Jakarta-Akbar Nugroho-antaranews.com

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penyaluran bantuan sosial melalui kartu akan membuat warga merasa yakin. Penyaluran diyakini akan tepat sasara.

Hal tersebut diutarakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dikatakannya penyaluran bantuan sosial dalam berbagai bentuk program kartu akan lebih meyakinkan warga DKI Jakarta.

(BACA JUGA:Duh! Dana Bansos Mandek di Bank Himbara Capai 2,7 Triliun)

"Bagi kita-kita yang sudah Alhamdulillah bersyukur punya pendapatan yang cukup punya hidup yang layak maka itu sudah membuat rasa tenang. Tapi, bagi mereka yang hidupnya sulit, kepastian bahwa dia bisa menerima (bantuan) itu dibutuhkan dan punya kartu itu bisa dilihat namanya membuat dia yakin saya akan terima," kata Anies di akun resmi Youtube, Minggu, 13 Februari 2022.

Diungkapkannya, bantuan sosial bagi warga Jakarta yang mencapai Rp5 triliun per tahun itu cukup penting disalurkan melalui kartu.

"Rp5 triliun per tahun ini diwujudkan dalam bentuk bantuan bantuan sosial yang masing-masing ada kartunya. Kenapa kartu itu penting? Karena kadang kita melihat yang penting transfernya masuk, iya betul transfernya masuk, (tapi) kartu itu membuat rasa tenang," ucapnya.

(BACA JUGA:Alhamdulillah! Jumlah Penerima Bansos Rp600 Ribu Diperluas di 2022)

Menurutnya, ada perbedaan antara kelompok yang memiliki hidup layak dan warga yang jauh dari cukup saat menerima bantuan dalam bentuk kartu.

Lebih lanjut, dikatakan Anies jika bantuan tidak diberikan dalam bentuk kartu, maka warga tidak akan membuat warga tenang karena kurang merasa yakin sebagai penerima manfaat bantuan tersebut.

"Kalau tidak ada kartu itu, dari mana bisa meyakinkan diri bahwa mereka akan menerima hanya dengan dikatakan nanti akan ditransfer di rekeningnya, nanti akan dapat. Karenanya kartu ini menjadi penting dan inilah yang kemudian juga kita lakukan," tuturnya.

Anies juga mengungkapkan Pemprov DKI Jakarta menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk kartu bagi warga penerima manfaat.

Mulai dari Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), Kartu Pekerja Jakarta (KPJ), Kartu Jakarta Pintar (KJP) plus, Kartu Jakarta Mahasiwa Unggul (KJMU) dan Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: antara