Calon Kepala Otorita IKN (2): Karya Ridwan Kamil Mendunia, Punya Reputasi Mentereng, Tiket Capres Terbuka Lebar

Calon Kepala Otorita IKN (2): Karya Ridwan Kamil Mendunia, Punya Reputasi Mentereng, Tiket Capres Terbuka Lebar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Humas Pemprov Jabar-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Selain Menteri Sosial Tri Rismaharini, satu lagi calon kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang berlatar belakang arsitek adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Selama ini, Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek top Indonesia. Tidak sedikit yang menyebut Ridwan Kamil yang akan dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon kepala otorita IKN.

Jokowi tentu saja sudah sangat mengenal Ridwan Kamil. Calon kepala otorita IKN nantinya diharapkan mampu menjadikan IKN sebagai ikon Indonesia. Tentu lewat karya-karya yang monumental.

(BACA JUGA:Calon Kepala Otorita IKN (1): Berlatar Arsitek, Emake Arek Suroboyo Sukses Ubah Wajah Kota Kumuh Jadi Lebih Hijau )

Untuk urusan ini, Ridwan Kamil jagonya. Selama ini, dia dikenal di dunia internasional bukan sebagai Wali Kota Bandung atau Gubernur Jawa Barat. 

Tapi lewat desain arsitekturnya yang fenomenal. Di antaranya Marina Bay Waterfront Master Plan di Singapura, Ningbo Newtown, Beijing Finance Street superblock dan Beijing Finance Street di China, design di Jeddah Town, Al Noor Ecopolis di Syria serta Museum Tsunami Aceh di Indonesia.

Dikutip dari Wikipedia, Ridwan Kamil diketahui lulusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung  (ITB) 1990-1995. Kemudian, Master of Urban Design di University of California, Berkeley 1999-2001. 

(BACA JUGA:Trending Tagar #bubarkanPKS Gegara Tolak IKN)

Dia pernah berkarir sebagai arsitek profesional di berbagai firma di Amerika Serikat. Setidaknya ada 44 karya arsitektur di sejumlah provinsi di Indonesia yang lahir dari idenya. Belum lagi, karyanya di luar negeri. Puluhan penghargaan internasional juga pernah diraihnya. Mayoritas kategori pemenang pertama. 

Saat menjadi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mempraktekkan ilmunya untuk mendesain kota. Bahkan setelah menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga masih menyempatkan diri untuk mendesain sejumlah bangunan. 

Jika melihat reputasi arsitek yang mentereng itu, apakah Ridwan Kamil yang nanti ditunjuk Jokowi? "Kalau salah satu kriterianya arsitek, dan pernah menjadi kepala daerah, tentu Ridwan Kamil," ujar Founder lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

(BACA JUGA:Isu Ahok Jadi Kepala Otorita IKN, Ali Ngabalin: Ahlan Wasahlan Thola'al Badru Alayna)

Apabila kelak benar Ridwan Kamil dipilih sebagai Kepala Otorita IKN, maka daya tawarnya sebagai calon presiden (capres) juga tinggi. Peluangnya maju sebagai capres pada 2024 sangat terbuka lebar.

"Saya melihat ini kesempatan luar biasa. Namun, di sisi lain bebannya juga sangat berat. Sehingga tidak boleh gagal. Kalau berhasil, tiket capres terbuka. Sebaliknya jika gagal, tertutup kemungkinannya untuk menjadi capres," tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber