News

Pertamina Tepis Pertalite Hilang di Bulan Juni

fin.co.id - 2024-05-27 09:15:11 WIB

Pengendara motor tampak mengantre di jalur pengisian Pertalite.

FIN.CO.ID - Heboh kabar Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite tidak lagi disalurkan ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada Juni 2024. Karena, Pertalite akan diganti dengan Pertamax Green 95.

BACA JUGA:

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, Pertamina masih akan menyalurkan BBM Pertalite di bulan Juni. Pertamina, kata dia, baru 65 SPBU di Jabodetabek dan Jawa Timur yang menyediakan Pertamax Green 95.

"Masih tersedia (Pertalite) sesuai penugasan dari pemerintah," kata Irto kepada FIN.CO.ID dari Disway Group saat dihubungi, Senin 27 Mei 2024.

Terkait harga BBM Juni 2024, Irto menerangkan, hal tersebut masih dalam kajian dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat. "Masih kami review," ujar Irto.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, subsidi energi akan dievaluasi kembali setelah Juni 2024. "Sejauh ini saya belum ada perubahan," kata Sri Mulyani, Rabu 22 Mei 2024.

Dia menuturkan, pihaknya masih belum mengetahui apakah harga BBM subsidi akan terus ditekan hingga akhir tahun. Menurutnya kebijakan terkait subsidi BBM juga tercantum dalam APBN 2024 yang sudah ditentukan. 

Namun terkait langkah-langkah baru yang akan dilakukan oleh Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, maupun Pertamina, pihaknya akan mendukungnya.

"Karena mereka dalam APBN juga kan sudah ditetapkan jumlah volume dan juga anggaran subsidinya itu yang perlu dijaga oleh kementerian ESDM dan Pertamina," tandasnya.

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

Admin
Penulis