Rupiah Terjun Bebas! Nyungsep 327 Poin di Level Rp 16.175 per Dolar AS

Rupiah Terjun Bebas! Nyungsep 327 Poin di Level Rp 16.175 per Dolar AS

ilustrasi dollar as dan rupiah --

FIN.CO.ID - Nilai tukar rupiah terjun bebas dalam penutupan perdagangan, Selasa, 16 April 2024 sore. Posisi rupiah melemah hingga 327 poin ke level Rp 16.175 per dolar AS.

“Greenback (dolar AS) menguat karena inflasi Amerika Serikat yang masih stagnan dan pertumbuhan ekonomi Amerika yang kuat. Hal itu menyebabkan investor menunda ekspektasi penurunan suku bunga bank sentral AS,” ujar Analis Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi dalam analisisnya, Selasa, 16 April 2024).

The Fed, kata Ibrahim, juga memperkirakan akan melakukan pemangkasan suku bunga lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. 

Pelaku pasar memperkirakan pemangkasan akan dilakukan kurang dari dua kali sebesar 25 basis poin pada akhir tahun. 

Sebelumnya, The Fed diperkirakan akan melakukan pemangkasan sebanyak tiga kali di tahun ini. Presiden The Fed New York, John Williams pada Senin mengatakan, kebijakan The Fed masih bersifat restriktif.

BACA JUGA:

“Pelaku pasar juga masih fokus pada meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Situasi itu memicu peningkatan permintaan dolar AS sebagai aset safe haven (paling aman),” ujar Ibrahim.

Dari dalam negeri, pelaku pasar menunggu sebesar besar dampak  Ramadan dan Lebaran pada pertumbuhan ekonomi domestik. Ada perhitungan dampaknya ke ekonomi sekira 0,14-0,25 persen poin. 

“Sehingga diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal pertama tahun ini di kisaran 5-5,1 persen. Penopangnya antara lain meningkatnya belanja dari bansos dan pelaksanaan pemilu,” ucapnya.

Namun, trend inflasi diperkirakan meningkat karena kenaikan harga pangan. Laju inflasi tinggi menjadi faktor penghambat pertumbuhan ekonomi di triwulan I-2024 karena menurunkan daya beli masyarakat.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: