20 Tahun Berkuasa, PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundurkan Diri

20 Tahun Berkuasa, PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundurkan Diri

PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundurkan Diri-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong akan mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin, 15 Mei 2024 mendatang.

Lee Hsien Loong yang sudah berkuasa selama 20 tahun itu akan menyerahkan jabatan kepada Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong.

Rencananya, Lawrence Wong akan dilantik pada hari dimana Lee Hsien Loong mengundurkan diri. Yaitu 15 Mei 2024 pukul 20.00 waktu setempat. Lawrence Wong akan akan menjadi perdana menteri Singapura ke-4.

Lawrence Wong sudah diumumkan sebagai calon pengganti Lee sejak April 2022 lalu. Saat itu dia diangkat sebagai pemimpin ketua tim 4G (generasi keempat) partai berkuasa, Partai Aksi Rakyat (PAP). 

BACA JUGA:

Karier politik dan pemerintahan pria 51 tahun itu terbilang mulus. Pada April 2021, Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat yang ditunjuk mengepalai 4G PAP sejak November 2018, mengumumkan mundur. 

Dia ingin membuka jalan bagi orang yang lebih muda untuk memimpin Singapura. Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak skenario pemerintahan Singapura. 

Wong merupakan bagian dari gugus tugas pemerintah untuk penanganan pandemi. Sejak itu namanya mencuat, meski usia karier politiknya masih terbilang lebih muda dibandingkan para senior.

Dalam ada konvensi 2 tahunan PAP pada November 2023, Lee mengatakan niatnya dengan jelas untuk menyerahkan kekuasan kepada Wong. Sebelum pemilihan umum berikutnya yang dijadwalkan pada November 2025.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: