Wamenag Prediksi 1 Syawal 1445 Hijriah Jatuh pada 10 April 2024

Wamenag Prediksi 1 Syawal 1445 Hijriah Jatuh pada 10 April 2024

Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki saat konferensi pers terkait persiapan pelaksanaan Salat IdulFitri 1445 Hijrah.--

FIN.CO.ID - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki memprediksi 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu 10 April 2024. Hal itu disampaikan langsung saat konferensi pers di Ruang VIP Al-Malik, Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa 9 April 2024.

"Berdasarkan kondisi ijtima yang jatuh pada hari ini kondisi ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai dengan 7 derajat 37,8 menit dan elongasi ini berkisar pada 8 derajat 23, 68menit sampai 10 derajat 12,94 menit," tutur Saiful.

BACA JUGA:

Berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), kondisi ketinggian hilal tersebut diperkirakan sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau Imkanu rukyat, yaitu tinggi hilal di angka 3 derajat dan elongasi sebesar 6,4 derajat.

"Jadi diprediksi, kita akan menyelenggarakan Salat IdulFitri pada esok tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah," kata Saiful.

Meski demikian, kata dia, hal itu tetap harus dilakukan sidang isbat yang dilakukan sore ini. "Tentunya nanti kita akan konfirmasi lagi dalam sidang isbat yang akan kita selenggarakan pada sore hari nanti," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Dia menjelaskan dengan ketinggian bulan hilal yang sudah cukup besar itu, maka dapat dipastikan Rukyatul hilal dapat dilihat dengan mudah.

"InsyaAllah besar kemungkinan sebentar malam kita akan takbir ya, karena biasanya ketinggian bulan hilal seperti sekarang ini sudah cukup besar," kata Nasaruddin Umar.

"Biasanya sudah mudah untuk dirukyat, dilihat oleh para perukyat kita namun demikian kepastiannya kita menunggu Kementerian Agama, pemerintah kita," pungkasnya.

BACA JUGA:

(Intan Afrida Rani)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: