Kemenag Bangka Belitung Pantau Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah di Pantai Tanjungpendam

Kemenag Bangka Belitung Pantau Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah di Pantai Tanjungpendam

Ilustrasi pemantauan hilal --laman kemenag

FIN.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), bakal menggelar kegiatan Rukyatul Hilal atau pemantauan 1 Syawal 1445 Hijriah. Pemantau itu dilakukan di kawasan wisata Pantai Tanjungpendam, Selasa 9 April 2024. 

"Kegiatan Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah akan dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam sore ini," kata Kepala Kantor Kemenag Masdar Nawawi.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, lokasi pemantauan hilal 1 Syawal 1445 Hijriah ini sama dengan Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1445 Hijriah sebelumnya. Dia mengatakan, Pantai Tanjung Pendam di Kabupaten Belitung merupakan salah satu titik pantau hilal 1 Syawal 1445 Hijriah yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dari sekian banyak titik pantau lainnya di Tanah Air.

"Sehingga Pantai Tanjung Pendam ini telah menjadi salah satu lokasi titik pantau nasional untuk melaksanakan pengamatan anak bulan dalam menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah," tuturnya.

Dia mengatakan, kegiatan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah di kawasan wisata Pantai Tanjungpendam akan dimulai pada Selasa 9 April 2024 pukul 17.00 WIB. Kegiatan akan melibatkan unsur pemerintah daerah, Forkopimda, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Belitung, dan ormas Islam setempat.

"Kalau peralatan yang digunakan seperti teropong dan Theodolid merupakan dukungan dari BPN Belitung dan komunitas pecinta astronomi di Belitung," ujarnya.

Dia menjelaskan hasil dari pengamatan hilal 1 Syawal 1445 Ramadhan dari titik Pantai pantai Tanjung Pendam akan dilaporkan secara berjenjang melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Belitung dan Kementerian Agama pusat.

"Sebagai bahan dalam pelaksanaan sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenag RI," ucapnya.

Masdar berharap kondisi cuaca di daerah itu dapat cerah dan tidak berawan atau hujan guna mendukung kelancaran pelaksanaan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah.

"Semoga nanti sore cuaca cerah dan hilal bisa teramati dengan sempurna dari titik pantau untuk segera kami laporkan. Namun terlihat atau tidak terlihat hilal nantinya tetap kami laporkan," kata Masdar.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: