Posisi Hilal di Jakarta Sudah Terlihat Sore Ini

Posisi Hilal di Jakarta Sudah Terlihat Sore Ini

Ilustrasi metode pemantauan hilal.-antara-

FIN.CO.ID - Tim Rukyatul Hilal Jakarta Islamic Center (JIC) telah melakukan pemantauan hilal pada akhir Ramadan 1445 Hijriah sore ini, Selasa 9 April 2024.. 

Dari pemantauan tersebut hasil hisab posisi hilal pada akhir Ramadan 1445 H di seluruh wilayah Indonesia sudah memenuhi kriteria. 

Hasil pemantauan dilakukan oleh Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS). Di mana disebutkan ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. 

"Untuk di Jakarta, hilal sudah terlihat dengan tinggi 6,3 derajat dan elongasi 8,9 derajat. Adapun di seluruh wilayah Indonesia, saat matahari terbenam, ketinggian hilal berada di atas ufuk antara 4 hingga 7 derajat. Sementara sudut elongasi 8 hingga10 derajat," kata Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta, KH Nasir Zein, Selasa, 9 April 2024. 

BACA JUGA:

Dia mengungkapkan, dengan hasil ini pelaksanaan salat Idul fitri, bersamaan antara seluruh umat Islam baik di Indonesia maupun di belahan dunia. Diketahui Rukyatul hilal yang dilakukan rutin tiap tahunnya oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ). 

Rukyatul hilal bagian dari ibadah dan bentuk kontribusi dalam melestarikan peradaban Islam dari pengembangan falakiyah. "Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana publikasi dan sosialisasi kegiatan rukyatul hilal Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ)," ucapnya. 

Rukyatul Hilal atau melihat bulan di waktu petang pada tanggal 29 kalender Hijriyah selain dimaksudkan untuk menentukan awal bulan Hijriyah apakah terjadi besok atau lusa. Dan juga bernilai ibadah (ta'abbudi) sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para Sahabat. 

Ia menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah akan bersepakat antara pemerintah, ormas Islam, bahkan kaum muslimin di belahan dunia lainnya. "Semoga seluruh rangkaian rukyatul hilal mendapat keberkahan dari Allah Ta’ala dan seluruh Tim Rukyatul Hilal JIC sehat dan selamat hingga pulang kembali ke Jakarta," pungkasnya. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: