Marsekal Mohamad Tonny Harjono Resmi Jabat KSAU Usai Dilantik Jokowi, Ini Profil Singkatnya

Marsekal Mohamad Tonny Harjono Resmi Jabat KSAU Usai Dilantik Jokowi, Ini Profil Singkatnya

Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono saat dilantik sebagai KSAU-rafi adhi-ist

FIN.CO.ID - Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono menjabat Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Marsekal TNI Mohamad Tonny dilantik langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat, 5 April 2024.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Jokowi ketika mengambil sumpah Tonny yang kemudian diikutinya. 

BACA JUGA:

Marsekal TNI Mohamad Tonny menggantikan posisi Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan memasuki masa pensiun pada Selasa, 9 April 2024. 

Profil Marsekal TNI Mohamad Tonny 

Mohamad Tonny merupakan perwira TNI kelahiran 4 Oktober 1971 yang lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 1993. 

Karir militernya dimulai saat ditunjuk menjadi perwira penerbang (Pa Pnb) Skadud 3 Lanud Iswahyudi. Selanjutnya, Kasubsi Peta/Albanav Silat Dispos Skadud 3 Lanud Iswahyudi, Kasi Spes Diops Skadud 3 Lanud Iswahyudi, sampai dengan Pa Instruktur Pnb Wingdik Terbang Lanud Adi Sutjipto. 

Kemudian, pada 2009-2011 menjabat sebagai Komandan Skadron Udara (Danskadud) 11 Landasan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Tonny kemudian ditugaskan menjadi Danlanud Timika Papua dan kembali lagi sebagai Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin serta Komandan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin pada 2013-2014. 

Karir militer Marsdya Tony semakin moncer saat menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014-2016 dengan pangkat Kolonel. 

Usai menjadi Sesmil, Tonny kembali mendapat promosi menjadi komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) pada tahun 2022.

Mohamad Tonny kemudian dipercaya menjadi Panglima Koopsudnas dilanjut menjabat sebagai Pangkogabwilhan II sejak 2023.

Kini Marsekal TNI Mohamad Tonny resmi menjabat sebagai KSAU.(rafi adhi)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: