Born to Defense, Program Pelatihan BSSN Sasar Sulawesi Selatan

Born to Defense, Program Pelatihan BSSN Sasar Sulawesi Selatan

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)--wikipedia

FIN.CO.ID - Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi salah satu provinsi yang dijadikan lokus program pelatihan keamanan informasi 'Born to Defense' oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN). Dalam kegiatan ini, BSSN juga melibatkan ASN yang memiliki fungsional keamanan informasi atau sandiman.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Statistik dan Persandian\ Sulsel Sultan Rakib menjelaskan, pelatihan ini untuk peningkatan kompetensi SDM siber dan sandi melalui Pelatihan Skema Level I Security Operations Center Analyst (SOCA) guna pengelola keamanan siber sektor infrastruktur informasi vital di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulsel. 

BACA JUGA:

"Terima kasih kepada BSSN yang telah memilih Sulsel sebagai lokus pelatihan Skema Level I Security Operations Center Analyst. Kegiatan Ini sangat penting untuk meningkatkan keamanan informasi di masing masing IPPD (Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah) di Sulsel,” kata Rakib dalam keterangannya, Minggu 3 Maret 2024.

Rakib menuturkan, keamanan informasi menjadi pilar penting pengembangan arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE) di setiap Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD) tak terkecuali di Pemprov Sulsel.

“Dari enam domain arsitektur SPBE, aplikasi layanan, infrastruktur, data, dan proses bisnis, keamanan menjadi hal terpenting. Paradigma kita membangun pemerintahan digital, keamanan harus juga menjadi pilar utama,” tuturnya.

Ketua Tim Penyelenggaraan Pelatihan Pusbang SDM BSSN Dian Surgawiwaha mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin BSSN.

BACA JUGA:

“Kami berharap ini bisa maksimal dan mengangkat keamanan cyber di Sulsel,” harapannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: